ANALISIS KOMPARATIF EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA ANTARA SEKOLAH PENGGERAK DAN SEKOLAH NON PENGGERAK JENJANG SMP DI KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Tesis

ANALISIS KOMPARATIF EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA ANTARA SEKOLAH PENGGERAK DAN SEKOLAH NON PENGGERAK JENJANG SMP DI KOTA KUPANG

XML

Tujuan penenlitian ini adalah untuk melakukan studi komparatif efektifitas Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) antara Sekolah Penggerak dan Sekolah Non Penggerak jenjang SMP di Kota Kupang.
Penelitian ini menggunakan metode observasi. Sekolah yang menjadi sasaran adalah 9 SP dan 9 SNP yang terakreditasi minimal B, melaksanakan IKM opsi mandiri berubah, dan penerima dana BOSP. Sampel kepala sekolah adalah 18 orang (9 dari SP dan 9 dari SNP), sampel untuk guru berjumlah 36 guru (18 dari SP dan 18 dari SNP) yang mengajar kelas VIII mata pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia, sedangkan siswa sebagai sampel adalah siswa di kelas VIII berjumlah 483 siswa (267 dari SNP dan 216 dari SP). Variabel pengamatan meliputi variabel manajerial kepala sekolah (MKS), kinerja guru (KG) dan hasil belajar siswa (HBS). Data primer dan data sekunder dikoleksi dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan t test tidak berpasangan (p = 0,05), uji korelasi Pearson, dan uji koefisien determinan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa MKS, KG dan HBS lebih tinggi secara nyata (p<0,05) pada SMP penggerak dibanding pada SMP non penggerak. MKS memberikan pengaruh positif terhadap KG dan HBS, demikian juga peningkatan KG turut meningkatkan HBS baik pada sekolah penggerak maupun sekolah non pengerak. Kontribusi pengaruh MKS terhadap KG dan HBS serta kontribusi KG terhadap HBS lebih tinggi pada SMP penggerak dibanding pada SMP non penggerak Hal ini menyimpulkan bahwa efektivitas IKM di Sekolah Penggerak lebih baik dibanding efektivitas IKM di Sekolah Non Penggerak pada satuan pendidikan jenjang SMP di Kota Kupang.

Kata-kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Sekolah Penggerak, Sekolah Non Penggerak, Manajerial Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Hasil Belajar Siswa, SMP, Kota Kupang


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Naomi Dillak - Personal Name
Student ID
2211060001
Dosen Pembimbing
PAULUS TAEK - - Dosen Pembimbing 1
Markus U. K. Yewang - 196412231994031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Paulus Taek - 19600626 1995121001 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1
Hamza H. Wulakada - 198107032009121002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87120
Edisi
Published
Departement
Pascasarjana
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
871.20 Omi A
Copyright
Lembaga Penerbit
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA