PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN BERKALA KENDARAAN RINGAN SISTEM REM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)

Detail Cantuman

Skripsi

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN BERKALA KENDARAAN RINGAN SISTEM REM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)

XML

Untuk mengetahui dan memahami perbandingan model pembelajaran tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas XI Smk Negeri 1 soe pada mata pelajaran perawatan berkala kendaraan ringan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Soe, SMK ini merupakan SMK yang terletak di jalan. Badak No 5A, Karang Siri, Kecamatan. Kota Soe,Kabupaten. Timur Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data diskriptif kuantitatif. Dengan analisis ini akan dibandingkan rata–rata antara hasil belajar siswa yang sebelum diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament. Berdasarkan keterangan dari guru SMK Negeri 1 Soe diketahui bahwa KKM untuk mata pelajaran perawatan berkala kendaraan ringan adalah 70. Dari hasil pretest diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 57% hasil pretest dapat diketahui bahwa masih berada dibawah KKM. Perlakuan yang diberikan peneliti adalah metode pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran perawatan berkala kendaraan ringan. Dalam pembelajaran dengan metode pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) siswa diajak untuk melakukan permainan. Pembelajaran ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap prestasi siswa. Perlakuan ini dilakukan pada kelas XI akan diberikan perlakuan atau tetap menggunakan metode pembelajaran Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada hasil belajar siswa. Dari hasil posttest diperoleh rata-rata nilai sebesar 84,5%. Dari hasil post test diketahui bahwa adanya peningkatan hasil belajar mencapai KKM. Uji hipotesis sampel T-Test bersumper pada hasil pre tets dan post tets diperoleh t hitung sebesar -10,18 sedangkan t tabel sebesar 2,024 karena t hitung . t tabel hingga dapat di simpulkan ada pengaruh Model pembelajaran tipe teams games tournament terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKRO.

Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT)


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
VERSON TERTULUS KAUSE - Personal Name
Student ID
1901120028
Dosen Pembimbing
FAHRIZAL - 196908081994031003 - Dosen Pembimbing 1
Sealtial Mau - 198909122020121008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fahrizal - 196908081994031003 - Ketua Penguji
Sealtial Mau - - Penguji 1
Priyono - 196111171994031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Mesin
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 Kau P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA