Skripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MATERI SISTEM GERAK SMAS KATOLIK SINT CAROLUS KUPANG TA 2023/2024
XMLPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran Problem Based Learning, dimana penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA dengan jumlah peserta didik 27 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning, dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritiss dan aktivitas belajar peserta didik. Terbukti dari hasil tes kemampuan berpikir kritis pada siklus I persentase 77% dengan kategori kritis mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 90% kategori sangat kritis. Hal ini sejalan dengan hasil observasi peserta didik pada siklus I persentase 77,5% dengan kategori baik keterangan berhasil mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase 89% kategori sangat baik keterangan berhasil. Adapun hasil observasi guru pada siklus I 79,54% kategori baik keterangan berhasil meningkat pada siklus II 91% Kategori sangat baik keterangan berhasil sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning, pada materi system gerak dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritiss dan aktivitas belajar peserta didik.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Aktivitas Belajar
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Martha Day - Personal Name
|
Student ID |
1901040011
|
Dosen Pembimbing |
YUSNAENI - 197502032000122001 - Dosen Pembimbing 1
ANDAM S ARDAN - 197205271999032001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Angela Gabriela Lika - 196402281989032002 - Ketua Penguji
Yusnaeni - 197502032000122001 - Penguji 1 Andam S Ardan - 197205271999032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 Day P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |