UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD PADA KELAS IV SD GMIT KAKAN

Detail Cantuman

Skripsi

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD PADA KELAS IV SD GMIT KAKAN

XML

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar Siswa tentang jenis- jenis pekerjaan berdasarkan tempat tinggalku melalui model pembelajaran TGT dengan menggunakan media question card di SD GMIT Kakan kabupaten Timor Tengah Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran TGT melalui empat tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tes, refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Dengan subjek penelitiannya yaitu Siswa kelas IV SD GMIT Kakan dengan jumlah 25 orang terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada siklus I dari jumlah siswa 25 orang yang tuntas 17 orang dengan persentase ketuntasan 68% aktivitas guru siklus I mencapai 73,3 % dengan kategori baik. Aktifitas siswa mencapai 69,22% dengan kategori
baik. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 25 orang dengan persentase 100%. Aktivitas guru siklus II meningkat menjadi 93,33% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa 85,22% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka, pembelajaran tentang jenis pekerjaan berdasarkan tempat tinggalku berbantuan media question card melalui model TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terbukti dengan terjadinya peningkatan nilai maksimal ketuntasan yang ada pada siklus II yakni 100% dengan demikian penggunaan model pembelajaran TGT berhasil.

Kata Kunci: Model pembelajaran, TGT, Hasil Belajar, Pekerjaan


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Desika Chrisna Kase - Personal Name
Student ID
1901140260
Dosen Pembimbing
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Dosen Pembimbing 1
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Ketua Penguji
Adam Boi Nifu Benu - 19870922 201912 1 001 - Penguji 1
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Kas U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA