Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD GMIT OINLASI
XMLPenelitian ini diadakan di SD GMIT Oinlasi, dengan hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, 14 orang peserta didik (60%) dinyatakan tuntas karena memperhatikan penjelasan guru, suka bekerja sama dalam kelompok, melaporkan hasil diskusi, tidak bermain, menyelesaikan soal tes dengan benar, sedangkan yang tidak tuntas 9 orang peserta didik (39%) karena suka bermain, menggangu teman pada saat pembelajaran berlangsung, tidak mau bekerja sama dalam kelas, tidak mau melaporkan hasil diskusi, asik dengan dirinya sendiri pada saat pembelajaran berlangsung, belum menguasai materi dengan baik, belum mampu menyelesaikan soal tes. Kekurangan guru yakni guru belum membimbing peserta didik pada saat diskusi kelompok, guru belum mampu memahami model pembelajaran dengan baik. selanjutnya pada siklus II dari 23 orang peserta didik yang dinyatakan tuntas berjumlah 23 (100) karena tidak lagi suka bermain, tidak lagi menggangu teman pada saat pembelajaran berlangsung, mau bekerja sama dalam kelas,
mau melaporkan hasil diskusi, tidak lagi asik dengan dirinya sendiri pada saat pembelajaran berlangsung, menguasai materi dengan baik, mampu mengerjakan soal tes dengan benar. Kelebihan guru, yakni telah membimbing dan memperhatikan peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tentang jenis pekerjaan berdasarkan tempat tinggalku menggunakan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Posing, Jenis Pekerjaan Berdasarkan Tempat Tinggalku, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Noryanti Mariana Kase - Personal Name
|
Student ID |
1901140377
|
Dosen Pembimbing |
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1 Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Kas P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |