PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD GMIT OINLASI

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD GMIT OINLASI

XML

Penelitian ini diadakan di SD GMIT Oinlasi, dengan hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, 14 orang peserta didik (60%) dinyatakan tuntas karena memperhatikan penjelasan guru, suka bekerja sama dalam kelompok, melaporkan hasil diskusi, tidak bermain, menyelesaikan soal tes dengan benar, sedangkan yang tidak tuntas 9 orang peserta didik (39%) karena suka bermain, menggangu teman pada saat pembelajaran berlangsung, tidak mau bekerja sama dalam kelas, tidak mau melaporkan hasil diskusi, asik dengan dirinya sendiri pada saat pembelajaran berlangsung, belum menguasai materi dengan baik, belum mampu menyelesaikan soal tes. Kekurangan guru yakni guru belum membimbing peserta didik pada saat diskusi kelompok, guru belum mampu memahami model pembelajaran dengan baik. selanjutnya pada siklus II dari 23 orang peserta didik yang dinyatakan tuntas berjumlah 23 (100) karena tidak lagi suka bermain, tidak lagi menggangu teman pada saat pembelajaran berlangsung, mau bekerja sama dalam kelas,
mau melaporkan hasil diskusi, tidak lagi asik dengan dirinya sendiri pada saat pembelajaran berlangsung, menguasai materi dengan baik, mampu mengerjakan soal tes dengan benar. Kelebihan guru, yakni telah membimbing dan memperhatikan peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tentang jenis pekerjaan berdasarkan tempat tinggalku menggunakan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata kunci : Model Pembelajaran Problem Posing, Jenis Pekerjaan Berdasarkan Tempat Tinggalku, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Noryanti Mariana Kase - Personal Name
Student ID
1901140377
Dosen Pembimbing
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Kas P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA