“PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP RITUAL HEL KETA” (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Noepesu Kecamatan Miomafo Barat Kabupaten Timor Tenggah Utara).

Detail Cantuman

Skripsi

“PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP RITUAL HEL KETA” (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Noepesu Kecamatan Miomafo Barat Kabupaten Timor Tenggah Utara).

XML

Ritual adat Hel keta merupakan suatu tindakan kebiasaan dari cerita rakyat yang berulang ulang,upacaratradisional tersebut lebihdi kenal dengannama Hel keta yang artinya tarik lidi makna dari tarik lidi tersebut adalah pelepasan “kutukan ix"yang disimbolkan dengan lidi atau keta di lepas ke air yang tujuan untuk meluruskan kembali atau menyambung kembali persahabatan kedua suku belah pihak, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi masyarakat terhadap ritual hel keta dan untuk mengetahui asal mula serta proses ritual hel keta. Penelitian ini menggunakan metodestudi kasus. Jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, nonpartisipan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini tahapan –– tahapan dalam proses ritual hel keta ritual merupakan sebuah urutan tindakan dalam peristiwa komunikasi, dimana setiap tindakan tersebut memiliki makna dan simbol tertentu. Pembentukan makna dalam proses ritual merupakan suatu keyakinan bersama atas hal--hal spiritual yang yang tidak terlepas dari kebudayaan masyarakat setempat dan dipercaya secara turun--temurun memiliki peran yang besar terhadap kehidupan masyarakat Desa Noepesu, kecamatan miomafo barat ,kabupaten Timor Tengah Utara dan unsur ––unsur ritual yang membentuk sebuah peristiwa ritual yaitu tindakan ritual, pelaku ritual, peralatan ritual, tempat ritual, waktu ritual, tujuan ritual, Bahasa ritual, kelompok ritual, dan struktur serta proses ritual.

Kata kunci: persepsi, Masyarakat, Ritual, Hel Keta


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Inggrit Nesi - Personal Name
Student ID
1903050018
Dosen Pembimbing
Aloysius Liliweri - 195706191981031001 - Dosen Pembimbing 1
Fitria Titi Meilawati - 8809023419 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Aloysius Liliweri - 195706191981031001 - Ketua Penguji
Fitria Titi Meilawati - 8809023419 - Penguji 1
Yermia Djefri Manafe - 197003032005011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Nes P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA