Skripsi
Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kupang Timur Dengan Berbantuan Video Animasi Powtoon Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
XMLPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kupang Timur, khususnya pada materi sistem persamaan linear dua variabel yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kupang Timur pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis & Mc Taggart, yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) pengamatan; dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu observasi dan tes sedangkan analisis datanya berupa deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I adalah 66,67% meningkat menjadi 80,95% pada siklus II, nilai keterlaksanaan observasi aktivitas guru mengajar pada siklus I dan siklus II adalah 100% , dan nilai keterlaksanaan aktivitas siswa pada sisklus I adalah 84% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dengan berbantua video animasi powtoon dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kupang Timur pada materi sistem persamaan linear dua variabel.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Monika Dina Indriwati Benu - Personal Name
|
Student ID |
1901030078
|
Dosen Pembimbing |
Damianus Dao Samo - 19831231 2012212 1 003 - Dosen Pembimbing 1
Fransiska A. Halim - 19960402 202203 2 017 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Damianus Dao Samo - 198312312012121003 - Ketua Penguji
Fransiska A. Halim - 19960402 202203 2 017 - Penguji 1 Yohanes Hariaman Nada - 19920810 202203 1 005 - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Ben P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |