Skripsi
Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Experiential Learning
XMLTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah pengembangan bahan ajar fisika berbasis Experiential Learning sesuai dengan model ADDIE dan untuk mengetahui validitas dan kelayakan bahan ajar fisika berbasis Experiential Learning dengan model ADDIE yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development atau R & D). Sedangkan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Prosedur pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari tahap analisis, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Hasil validasi dari validator materi memperoleh persentase 72.41% , hasil validasi dari validator media memperoleh persentase 82.35% , dan hasil validasi dari guru fisika memperoleh persentase 98.86%. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika khususnya pada materi gelombang cahaya. Hasil uji kelayakan oleh siswa SMA Negeri 1 Malaka Timur memperoleh persentase 87.65%, hasil uji kelayakan oleh siswa SMA Swasta Cendana Boas memperoleh persentase 87.83%, dan hasil uji kelayakan oleh guru fisika memperoleh persentase 96.19%.
Kata Kunci : Bahan Ajar, experiential learning, ADDIE
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Dorothea Palmira Un Asa - Personal Name
|
Student ID |
1701050039
|
Dosen Pembimbing |
KADEK AYU ASTITI - 198809282014042002 - Dosen Pembimbing 1
HARTOYO YUDHAWARDANA - 196911101999031003 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Kadek Ayu Astiti - 198809282014042002 - Ketua Penguji
Hartoyo Yudhawardana, S.Si., M.Si - 196911101999031003 - Penguji 1 Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 ASA P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |