PERSEPSI JURNALIS PEREMPUAN TENTANG KESELAMATAN KERJA DALAM PELIPUTAN BERITA HUKUM DAN KRIMINAL (STUDI KASUS PADA MEDIA ONLINE KOTA KUPANG)

Detail Cantuman

Skripsi

PERSEPSI JURNALIS PEREMPUAN TENTANG KESELAMATAN KERJA DALAM PELIPUTAN BERITA HUKUM DAN KRIMINAL (STUDI KASUS PADA MEDIA ONLINE KOTA KUPANG)

XML

Sandra Damaris Seran (1903050090). Persepsi Jurnalis Perempuan Tentang Keselamatan Kerja dalam Peliputan Berita Hukum dan Kriminal (Studi Kasus Pada Media Online Kota Kupang). Dibimbing Oleh Monika Wutun dan Emanuel Leuape
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi jurnalis perempuan media online terhadap keselamatan kerja dalam peliputan berita hukum dan kriminal, Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keselamatan kerja dalam peliputan berita hukum dan kriminal. Dan yang terakhir Untuk mengetahui bagaimana jurnalis perempuan media online mengsiasati dan menanggulangi bahaya keselamatan kerja dalam peliputan berita hukum dan kriminal. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan Teori Konsruksi Sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada 3yaitu observasi, Wawancara Mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persepsi jurnalis perempuan terhadap keselamatan kerja dapat dibagi menjadi dua dimensi utama: kesadaran akan risiko yang mungkin terjadi selama peliputan dan kekhawatiran terhadap keamanan pribadi mereka di tempat kerja. Kesadaran akan risiko menjadi landasan utama yang memandu tindakan mereka dalam menghadapi situasi-situasi yang berpotensi berbahaya. Dalam meliput berita hukum dan kriminal, jurnalis perempuan menghadapi berbagai tantangan yang mempengaruhi keselamatan mereka. Keluarga yang memberi dukungan, lingkungan kerja yang aman, serta faktor sosial dan budaya menjadi penting dalam melindungi mereka dari ancaman. Namun, ada juga hambatan seperti risiko fisik dan dampak psikologis yang dapat mengganggu pekerjaan mereka. Memahami faktor-faktor ini membantu meningkatkan strategi perlindungan dan manajemen risiko agar jurnalis perempuan dapat bekerja dengan aman dan efektif dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Jurnalis perempuan di media online menghadapi tantangan besar dalam meliput berita hukum dan kriminal, termasuk risiko fisik dan psikologis. Mereka mengandalkan dua strategi utama untuk mengatasi risiko tersebut: menjalankan tugas sesuai dengan kode etik jurnalistik yang berlaku, dan bersikap independen. Dengan pendekatan ini, mereka menjaga profesionalisme, integritas, serta fokus pada kebenaran tanpa terpengaruh oleh tekanan eksternal, sehingga meminimalkan risiko konflik dan ancaman terhadap keselamatan mereka.

Kata Kunci: Jurnalistik, Jurnalis Perempuan, Media Online, Peliputan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Sandra Damaris Seran - Personal Name
Student ID
1903050090
Dosen Pembimbing
MONIKA WUTUN - 198301112014042001 - Dosen Pembimbing 1
Emanuel S. Leuape - 198812262020121008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Monika Wutun - 198301112014042001 - Ketua Penguji
Emanuel S. Leuape - 198812262020121008 - Penguji 1
Petrus Ana Andung - 197402072008011012 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01 Ser P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA