Skripsi
Dampak Sosial Keberadaan Minimarket Terhadap Kios Sembako (Studi Kasus: Kelurahan Airnona, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang)
XMLJudul Penelitian adalah DAMPAK SOSIAL KEBERADAAN MINIMARKET TERHADAP KIOS SEMBAKO (Studi Kasus: Kelurahan Airnona, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang). Masyarakat di Kelurahan Airnona, Kecamatan Kota Raja untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari memiliki dua tempat belanja yaitu kios sembako dan minimarket. terdapat 10 kios sembako dan 2 minimarket yaitu berupa 1 Indomaret dan 1 minimarket. Penurunan pendapatan yang sudah pasti dirasakan oleh para pemilik kios sembako yang diakibatkan oleh munculnya minimarket, Peneliti sendiri disini mau melihat dampak sosial akibat adanya kecenderungan masyarakat yang saat ini banyak yang berbelanja di minimarket. Antara penjual dan pembeli di kios sembako saling menjalin interaksi yang aktif dan sangat dekat dalam bersosialisasi. Perilaku interaksi yang aktif ini pun menimbulkan jiwa sosial yang tinggi di tengah masyarakat. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa interaksi masyarakat pada saat berbelanja di kios sembako sangatlah aktif dalam bersosialisasi dan berinteraksi antar sesama. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu dampak sosial keberadaan minimarket terhadap kios sembako di Kelurahan Airnona, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang. Manfaat penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi ilmu sosiologi terutama pada mata kuliah sosiologi ekonomi dan menambah pengembangan pengetahuan pada dampak sosial keberadaan minimarket terhadap kios sembako di Kelurahan Airnona, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis dampak sosial keberadaan minimarket terhadap kios sembako di Kelurahan Airnona, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang. Penelitian ini mengunakan Teori Perubahan Sosial. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Terdapat peningkatan persaingan di pasar, yang dapat mengakibatkan penurunan pendapatan bagi pemilik kios sembako karena minimarket menawarkan harga yang lebih kompetitif dan berbagai promosi.Adanya pengaruh hubungan antara pemilik kios sembako dengan komunitas lokal, karena minimarket mungkin sebagian pelanggan mereka.Terjadi pergeseran dalam preferensi konsumen, dengan lebih banyak orang memilih untuk berbelanja di minimarket karena kenyamanan dan variasi produk yang lebih besar. Sehingga kesimpulan menyeluruh tentang dampak sosial ini mempertimbangkan baik dampak negatif maupun positif yang timbul dari keberadaan minimarket terhadap kios sembako dan komunitas lokal.
Kata kunci : Dampak Sosial Minimarket, dan Pengaruh Terhadap Pemilik Kios Sembako.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Gregorian Febrian Sereh - Personal Name
|
Student ID |
1903030107
|
Dosen Pembimbing |
Hildigardis M. I. Nahak - 197905012006042001 - Dosen Pembimbing 1
JIM BRIAND KOLIANAN - 198710202023211026 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Hildigardis M I Nahak - 197905012006042001 - Ketua Penguji
Jim Briand Kolianan - 198710202023211026 - Penguji 1 Aris Lambe - 196205021990031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
69201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Sosiologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
692.01 Ser D
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |