KOMUNIKASI RITUAL ADAT KELUBA KERORIN (Studi Etnografi Komunikasi pada Masyarakat Desa Helanlangowuyo Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

KOMUNIKASI RITUAL ADAT KELUBA KERORIN (Studi Etnografi Komunikasi pada Masyarakat Desa Helanlangowuyo Kecamatan Ile Boleng Kabupaten Flores Timur)

XML

Ritual adat Keluba Kerorin adalah ritual yang mempraktekan cara pengelolaan sarung tenun yang pembuatannya berasal dari kapas menjadi benang dan kemudian menghasilkan sarung dari pewarnaan asli. Namun saat ini ritual Keluba Kerorin mengalami perubahan makna di beberapa kampung di Adonara yaitu mengumpulkan keluarga yang jauh terkhususnya untuk para perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peristiwa komunikasi dan pola komunikasi yang terkandung dalam ritual Keluba Kerorin. Metode penelitian ini adalah metode etnografi komunikasi Dell Hymes yaitu SPEAKING. Hasil penelitian ini adalah peristiwa komunikasi berdasarkan etnografi. Dell Hymes yaitu 1) Setting meliputi ritual keluba kerorin yang dipimpin oleh inawae beruin dengan tempat pelaksanaanya dirumah perempuan tertua yaitu di halaman rumah, di pondok dalam keadaan kusyuk, tenang, santai, bahagia, akrab. Ritual ini biasanya dilaksanakan pada saat awal-awal tahun atau masa panen jagung. 2) Participant yakni tuan rumah/perempuan tertua, peserta ritual/perempuanlainnya dalam satu garis keturunan ibu, keluarga laki-laki dari peserta ritual, dan tetangga yang laki-laki. 3) Ends atau tujuan yaitu untuk mempersatukan seluruh keluarga dari satu garis ibu sekaligus meminta restu leluhur untuk melaksankan ritual agar bisa memberikan hal-hal baik kepada semua peserta ritual. 4) Act secuence dalam ritual Keluba Kerorin yakni: menyiapkan hal-hal yang diperlukan, menyambut kedatangan peserta ritual lainnya, makan siang bersama, ritual makan jagung sekaligus meminta restu untuk pelaksanaan ritual, makan malam sekaligus tuturan adat,makan malam bersama, diberi santan kelapa pada rambut peserta ritual, sarapan bersama. 5) Key atau nada bicara dalam ritual Keluba Kerorin ialah santun, lambat dan agak tinggi. 6) Instrumental yang digunakan ialah bahasa Lamaholot dan simbol-simbol seperti jagung, ikan, tebu, semangka, dan damar/padu. 7) Norms yang berlakudalam ritual Keluba Kerorin ialah menyiapkan simbol yang diperlukan dalam ritual seperti jagung, ikan, tebu, semangka, dan damar/padu. 8) Genre dalam ritual Keluba Kerorin ialah berupa doa dengan bentuk penyampaian berupa permohonan dan harapan, dan pola Pola komunikasi dalam ritual Keluba Kerorin ialah pola komunikasi primer atau utama yaitu pola komunikasi yang melibatkan pola verbal dan nonverbal. Komunikasi verbal dapat dilihat dari ungkapan yang disampaikan dengan penuturan dalam bahasa Lamaholot dan anggukan kepala, menunduk, dan lainnya merupakan komunikasi nonverbal.

Kata kunci: Etnografi Komunikasi, Ritual, Keluba Kerorin.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2003050048
Dosen Pembimbing
Dr. Yermia Djefri Manafe, S. Sos, M.Si - 19700303 200501 1 001 - Dosen Pembimbing 1
Maria Yulita Nara,S.Sos,M.I.Kom - 198905182019032024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Yermia Djefri Manafe, S.Sos, M.Si - 197003032005011001 - Ketua Penguji
Maria Yulita Nara, S.Sos., M.I.Kom - 198905182019032024 - - Penguji 1
Emanuel S. Leuape, S.I.Kom, M.I.Kom - 19881226 202012 1 008 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702. 01 Lew K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA