Skripsi
PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TENTANG EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI KELAS V SD NEGERI OESAPA KECIL 2
XMLTujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Peserta didik di kelas V pada materi ekosistem, di SD Negeri Oesapa Kecil 2 menggunakan model Problem Based Learning. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Oesapa Kecil 2 yang berjumlah 20 orang yakni 8 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini pada siklus I nilai rata-rata peserta didik ialah 63,00 dengan persentase ketuntasan sebanyak 60%. Pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 84,00 dengan persentase ketuntasan sebanyak 95%. Dengan demikian maka hasil penelitian tentang ekosistem kelas V SD Negeri Oesapa Kecil 2 dikatakan berhasil karena mengalami peningkatan.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Marsela Clarista Lin - Personal Name
|
Student ID |
2001140088
|
Dosen Pembimbing |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1 Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Lin P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |