PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 AMABI OEFETO PADA MATERI FLUIDA DINAMIS

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 AMABI OEFETO PADA MATERI FLUIDA DINAMIS

XML

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pretestposttest Camparison Group Design yang dilakukan dikelas VIII SMP Negeri 1 Amabi Oefeto
pada tahun ajaran 2024/2025. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui ada tidak
perbedaan peningkatan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan menggunakan model
pembelajaran project based learning dengan siswa yang diajarkan menggunakan model
pembelajaran project based learning terintegrasi STEM serta (2) Untuk mengetahui
keterampilan proses sains siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran project
based learning lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran
project based learning terintegrasi STEM. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas
VIII SMP Negeri 1 Amabi Oefeto, dengan pengambilan sampel yang dilakukan
menggunakan teknik simple random sampling. Kelas VIII A dengan jumlah siswa 20 siswa
digunakan sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran project
based learning , dan kelas VIII B dengan jumlah siswa 20 siswa digunakan sebagai kelas
control yang diajar menggunakan model pembelajaran project based learning terintegrasi
STEM. Data keterampilan proses sains diperoleh dari instrument pre-test dan posttest.Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t dengan tingkat signifikan a=
0,05 pada uji dua pihak dan uji pihak kanan diperoleh hasil bahwa; 1)Terdapat perbedaan
keterampilan proses sains fisika siswa yang signifikan antara siswa yang diajarkan
menggunakan model pembelajaran project based learning dengan siswa yang diajarkan
menggunakan model pembelajaran project based learning terintegrasi STEM. 2)
Keterampilan proses sains fisika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran
project based learning lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan menggunakan model
pembelajaran project based learning terintegrasi STEM.
Kata kunci: Model pembelajaran project based learning terintegrasi STEM, keterampilan
proses sains.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Selpi Kause - Personal Name
Student ID
2001050040
Dosen Pembimbing
VINSENSIUS LANTIK - 197901292008121001 - Dosen Pembimbing 1
I Wayan Sukarjita - 196807151994031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Amiruddin Supu - 196703111994031001 - Ketua Penguji
Dr. I Wayan Sukarjita - 196807151994031002 - Penguji 1
Vinsensius Lantik - 197901292008121001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 KAU P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA