Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP GERAK DAN GAYA PADA SISWA KELAS VII UPTD SMP NEGERI 1 AMARASI
XMLPenelitian yang telah dilakukan di UPTD SMP Negeri 1 Amarasi tahun
ajaran 2023/2024 ini didasari adanya masalah yang ditemukan di lapangan yaitu
proses pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered), keterlibatan
siswa dalam pembelajaran kurang aktif. Kurangnya respon terhadap materi yang
disampaikan oleh guru memiliki dampak yaitu rendahnya kemampuan siswa
dalam memahami konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based
Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis Quasi Experimental yang
dilaksanakan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen satu (VII B) dengan model
pembelajaran Problem Based Learning dan kelas eksperimen dua (VII A) dengan
model pembelajaran Project Based Learning. Hasil Penelitian menunjukkan
model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning
berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa dengan peningkatan
nilai rata-rata untuk kelas eksperimen satu dari 64,64 menjadi 79,36 dan 65,04
menjadi 81,76 untuk kelas eksperimen dua.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Project Based Learning
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Lebrina Priscila Seo - Personal Name
|
Student ID |
2001050029
|
Dosen Pembimbing |
Yusniati H. Muh. Yusuf - 198301072008122003 - Dosen Pembimbing 1
MARSI DEVID SETYAWAN BANI - 198203142008121001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Welhelmina Kameo 199304182024212054 - - Ketua Penguji
Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Penguji 1 Yusniati H. Muh. Yusuf - 198301072008122003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.03 SEO P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |