Skripsi
Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat(PHBS) Pada Siswa-Siswi Sd Inpres Pukdale Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang
XMLPerilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah merupakan upaya memberikan kesempatan kepada siswa dan guru untuk mengetahui, mau dan mampu melakukan PHBS serta berpartisipasi aktif dalam mewujudkan sekolah sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan PHBS pada siswa-siswi SD Inpres Pukdale Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang. Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SD Inpres Pukdale Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang dengan jumlah 83 responden. Pengambilan sampel dilakukan teknik simple random sampling dengan besar sampel berjumlah 45 responden. Instrumen penelitian berupa kuesioner. Hasil analisis data menunjukkan ada hubungan antara variabel pengetahuan (p-value=0,019), sikap (p-value=0,046), peran orang tua (p-value=0,032) dan ketersediaan sarana prasarana (p-value=0,007) terhadap tindakan PHBS. Penelitian ini merekomendasikan pada tenaga kesehatan agar memberikan edukasi yang berkaitan dengan indikator PHBS disekolah. Dukungan sosial dari orang tua dan pihak sekolah juga sangat diperlukan.
Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Peran Orang Tua, Ketersediaan Sarana Prasarana, Tindakan
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
PRISCILLA E.P BIRI - Personal Name
|
Student ID |
1807010078
|
Dosen Pembimbing |
Afrona E. L. Takaeb - 198302152006042001 - Dosen Pembimbing 1
ERYC Z. HABA BUNGA - 8905920021 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Afrona E. L. Takaeb - 198302152006042001 - Ketua Penguji
ERYC Z. HABA BUNGA - 8905920021 - Penguji 1 Petrus Romeo - 196905171994031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
13101
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Kesehatan Masyarakat
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
132.01 BIR F
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |