Analisis Pengendalian Kualitas Produk Tahu Pada Pabrik Tahu Beta Di Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Pengendalian Kualitas Produk Tahu Pada Pabrik Tahu Beta Di Kota Kupang

XML

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengendalian kualitas produk tahu pada pabrik Tahu Beta untuk membuat tahu yang diproduksi lebih baik dan berkualtas, serta untuk mengetahui dan menjelaskan faktor penyebab cacat produk pada pabrik Tahu Beta. Dengan menggunakan metode analisis yaitu menggunakan metode diagram pareto dan fishbone untuk menganalisis faktor-faktor penyebab produk cacat pada pabrik Tahu Beta. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dokumentasi dan kuisioner. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan data yang bersifat kualitatif akan dianalisis secara deskriptif yaitu pada sejarah, gambaran dari produk tahu dan gambaran perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah diagram pareto dan fishbone, langkah selanjutnya mencari faktor-faktor yang menjadi faktor penyebab terjadinya kerusakan pada produk dan selanjutnya disusun sebuah usulan perbaikan. Hasil dari penelitian ini bahwa perusahaan memproduksi tahu sebanyak 40-60 papan setiap hari, dan menunjukan bahwa pengendalian mutu produk yahu pada Pabrik Tahu Beta masih ada yang belum terkendali pada bulan Januari- Desember, terdapat 196 total kerusakan pada produk tahu dengan 3 Jenis kecacatan yaitu kecacatan pada tekstur dari produk tahu dengan jumlah 79 papan atau 40% dari total kerusakan, kecacatan pada warna dari produk tahu. Dengan jumlah 68 papan atau 35% dari total kerusakan dan kecacatan pada aroma dengan jumlah 49 papan atau 25% dari total kerusakan. Sesuai analisis diagram pareto dan diagram fishbone yang menjadi prioritas perbaikan adalah pada tekstur dari produk tahu dan pada warna dari produk tahu yang cacat dengan jumlah paling sering mengalami kecacatan produk dari hasil penelitian, dan faktor faktor yang menjadi penyebab kecacatan produk ini adalah manusia, metode dan mesin dan peralatan serta metode kerja. Namun masalah tersebut dapat dipecahkan dengan menggunakan diagram pareto dan diagram sebab akibat atau fishbone sehingga perusahaan dapat melakukan tindakan perbaikan dengan tepat.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Hendra A. P. A. Manafe - Personal Name
Student ID
1903020105
Dosen Pembimbing
LUKAS J B B HATTU - 196106261988031002 - Dosen Pembimbing 1
ERNA ERYANI GIRI - 196112201988032002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fred Martinus Dethan - 196005131987021001 - Ketua Penguji
Lukas J B B Hattu - 196106261988031002 - Penguji 1
Erna Eryani Giri - 196112201988032002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63211
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Bisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.11 Afe A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA