PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI MATA PELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI ANTAR SUKU PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN KOTAFOUN

Detail Cantuman

Skripsi

PENDIDIKAN MULTIKULTURAL MELALUI MATA PELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI ANTAR SUKU PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN KOTAFOUN

XML

Pendidikan multikultural merupakan suatu pendekatan progresif untuk melakukan transformasi pada dunian pendidikan, hal ini menjadikan pendidikan multikultural menjadi salah satu concern dari pasal 4 UU NO. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional.Pendidikan multikultural tidak lepas dari sikap toleransi karena keduanya adalah satu kesatuan yang harus dilihat dengan satu tarikan nafas agar dapat berjalan dengan seksama.SMPN Kotafoun Ponorogo adalah sekolah dasar Islam terpadu dengan berbagai macam keragaman peserta didik seperti suku, daerah, strata sosial, organisasi masyarakat, sikap, sifat, gender ideologi dan kebudayaan yang sangat bermacam.sekolah ini merupakan sekolah yang menerapkan pendidikan multikultural melalui pembelajaran dan pembiasaan perilaku dalam kegiatan sehari-hari, iklim sekolah dengan siswa yang beragam dan sangatlah banyak ditambah dengan program rancangan sekolah untuk penanaman karakter menjadikan sekolah ini memiliki daya tarik untuk diteliti lebih lanjut mengenai bagaimana menyikapi keragaman yang ada dengan upaya penanaman siap toleransi dari penelitian ini ditemukan bahwa (1) sikap toleransi siswaVIII SMPN Kotafoun melalui observasi kegiatan sehari-hari yang dilakukan siswa-siswi SMPN Kotafoun adalah saling menghargai satu sama lain akan perbedaan ideologi, tidak membeda-bedakan strata sosial yang ada, menyadari persamaan gender, bekerjasama dalam tim dengan siswa yang multi budaya, saling membantu ketika teman kesusahan, menerima dengan senang hati perbedaan logat bicara teman yang berbeda (2) pelaksanaan pendidikan multikultural dalam upaya menumbuhkan sikap toleransi pada peserta didik kelas VIII SMPN Kotafoun menggunakan metode contoh, dengan pendekatan penanaman nilai karakteristik pancasila, menggunakan model pembelajaran yang include dalam modul pembelajaran tematik, dan menggunakan strategi cooperative learning, social analisis dan model kepekaan (3) dampak pelaksanaan pendidikan multikultural terhadap sikap toleransi siswa kelas VIII SMPN Kotafoun mencangkup dampak positif dan dampak jika pelaksanaan pendidikan multikultural tidak tersampaikan dengan baik.

Kata Kunci:Pendidikan Multikultural,Toleransi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
OMEGA DJAMI TAKA - Personal Name
Student ID
2001070072
Dosen Pembimbing
Thomas Kemil Masi, M.Pd - 199205302022031009 - Dosen Pembimbing 1
Marsi D.S. Bani, S.Pd., M.Pd - 19820314 200812 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dorkas Y. A. Kale - 199108282024212001 - - Ketua Penguji
Thomas Kemil Masi, M.Pd - 199205302022031009 - Penguji 1
Marsi D.S. Bani, S.Pd., M.Pd - 19820314 200812 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Aka P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA