Analisis Strategi Pemasaran Produk Tenun IKAT (Studi Pada : Kelompok Tenun Ikat Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Empowering Pemuda Harapan Bangsa Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Strategi Pemasaran Produk Tenun IKAT (Studi Pada : Kelompok Tenun Ikat Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Empowering Pemuda Harapan Bangsa Kota Kupang)

XML

Produk Ikat merupakan salah satu produk yang berkembang di Kota Kupang, salah satu kelompok masyarakat yang mengembangkan usaha tenun ikat ini adalah kelompok Tenun Ikat dalam PKBM Pemberdayaan Pemuda Harapan Bangsa Kota Kupang. Peningkatan produksi kain tenun berdampak pada meningkatnya persaingan, sehingga menuntut semua pelaku usaha memiliki strategi pemasaran yang efektif agar mampu bersaing. Penelitian ini dilakukan pada kelompok PKBM Pemberdayaan Pemuda Harapan Bangsa Kupang dengan tujuan untuk menganalisis apakah strategi pemasaran yang dilakukan oleh kelompok tenun sudah tepat. Analisis data digunakan dengan melakukan analisis SWOT melalui matriks IFAS, matriks EFAS dan matriks SWOT untuk dapat menghasilkan alternatif strategi pemasaran yang efektif, yang dapat diterapkan oleh kelompok tenun PKBM Pemberdayaan Pemuda Harapan Bangsa Kota Kupang. Dari perhitungan matriks IFAS diperoleh skor total sebesar 3,81. Kekuatan utama kelompok tenun ikat adalah modal usaha kain tenun (skor 0,22) dan kelemahan utama kelompok tenun ikat adalah konsumen (skor 0,10). Hasil perhitungan matriks EFAS diperoleh skor total 4,00 dengan peluang utama kelompok tenun ikat ini adalah pangsa pasar dan prospek usaha (skor 0,50) dan ancaman utama kelompok tenun ikat ini adalah pesaing dan selera konsumen (skor 0,17) . Hasil penilaian diagram matriks SWOT menempatkan kelompok PKBM Pemberdayaan Pemuda Harapan Bangsa Kota Kupang pada kuadran I yaitu mendukung strategi agresif. Hasil analisis SWOT menghasilkan 6 alternatif strategis yaitu: 1) Mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk kain tenun dan pelayanan yang lebih baik, 2) Mengembangkan inovasi baru produk kain tenun dengan terus melakukan promosi dan pemasangan iklan baik secara online maupun offline, 3) Menjaga hubungan dan meningkatkan hubungan baik dengan pemerintah, desa binaan, masyarakat dan konsumen, 4) Meningkatkan pemasaran dengan memperbaiki konten pemasaran agar lebih baik, unik dan menarik dari kompetitor, 5) Melakukan pelatihan secara komprehensif kepada SDM yang bertugas menenun kain tenun tradisional, 6) Memperbaiki sistem manajemen dan memperluas target pasar. Dari enam alternatif strategi tersebut, ada satu alternatif strategis yang diprioritaskan untuk diterapkan oleh kelompok tenun ikat yaitu menjaga kualitas, meningkatkan promosi dan penjualan dengan memanfaatkan teknologi. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Matriks IFAS, Matriks EFAS, PKBM Empowering Pemuda Harapan Bangsa


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1603020132
Dosen Pembimbing
Khalid K. Moenardy - 196208171988031002 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Khalid Kasim Moenardy - 196208171988031002 - Ketua Penguji
Anthonius B Mesakh - 196208061988031002 - Penguji 1
Abas Kasim - 196004141988031008 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63211
Edisi
Published
Departement
Administrasi Bisnis,
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.11 Asa N
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA