Skripsi
Pengaruh Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Kelompok Tenun Ikat Di Desa Tuawolo Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur
XML
Produk tenun ikat merupakan salah satu produk warisan budaya yang dikembangkan dan berkembang hampir di seluruh pelosok wilayah NTT tanpa kecuali di desa Tuawolo kecamatan Adonara Timur kabupaten Flores Timur, dimana salah satu kelompok masyarakat yang mengembangkan usaha kain tenun ikat ini adalah kelompok tenun ikat Buno Bao. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Bagaimana persepsi pengrajin tentang produk, promosi, harga produk dan kinerja pemasaran pada kelompok tenun ikat di Desa Tuawolo Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur? (2) Apakah produk berpengaruh secara parsial terhadap kinerja pemasaran pada kelompok tenun ikat di Desa Tuawolo Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur? (3) Apakah promosi berpengaruh secara parsial terhadap kinerja pemasaran pada kelompok tenun ikat di Desa Tuawolo Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur? (4) Apakah harga berpengaruh secara parsial terhadap kinerja pemasaran pada kelompok tenun ikat di Desa Tuawolo Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur? (5) Apakah produk, promosi dan harga produk berpengaruh secara simultan terhadap kinerja pemasaran pada kelompok tenun ikat di Desa Tuawolo Kecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh produk, promosi dan harga kain tenun ikat pada kelompok tenun ikat Buno Bao di Desa Tuawolo Kkecamatan Adonara Timur Kabupaten Flores Timur. Manfaat penelitian ini bagi pengrajin tenun ikat dalam rangka perbaikan pengelolaan kain tenun ikat, pemerintah daerah, khususnya dinas perindustrian dan perdagangan, dinas koperasi dan UMKM dalam rangka pembinaan dan pengembangan pengrajin tenun ikat, serta bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian dari aspek kepuasan pelanggan. Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis pengaruh produk, promosi dan harga kain tenun ikat adalah adalah analisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui seberapa besar pengaruh produk, promosi dan harga kain tenun ikat yang di produksi atau dijual oleh kelompok tenun ikat Buno Bao. Dalam kajian ini menemukan bahwa presepsi pengrajin kain tenun ikat kelompok tenun ikat Buno Bao pada variabel produk, promosi dan harga dikategorikan sedang. Sementara itu dalam kajian analisis deskriptif kualitatif diketahui bahwa produk, promosi dan harga kain tenun ikat kelompok tenun ikat secara parsial atau masingmasing berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan nilai pengaruh produk sebesar 0,024, pengaruh promosi sebesar 0,045 dan pengaruh harga sebesar 0,026. Sementara itu ketiga variabel tersebut juga berpengaruh simultan dengan pengaruh sebesar 0,000. Sejalan denganhasil yang diperoleh maka kesimpulan diatas maka dapat disarankan agar memperluas pemasaran, pengembangan kualitas dan fitur produk, identifikasi biaya finansial produksi dan penjualan, pengembangan promosi sebagai daya tarik dan nilai jual/ciri khas produk dan peningkatan promosi. Kata Kunci: Produk, Promosi, Harga, Kinerja Pemasaran, kelompok Tenun Ikat Buno Bao.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Andriana Barek Tobi - Personal Name
|
Student ID |
1603020133
|
Dosen Pembimbing |
Khalid K. Moenardy - 196208171988031002 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Khalid Kasim Moenardy - 196208171988031002 - Ketua Penguji
Andreas Siwa Wunu Langga - 195804231988031001 - Penguji 1 Elly Lay - 196205151989011001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63211
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Administrasi Bisnis
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
632.11 Tob P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |