Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Magnet Pada Peserta Didik Kelas VC SD Inpres Kuanino 3 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Magnet Pada Peserta Didik Kelas VC SD Inpres Kuanino 3 Kota Kupang

XML

Berdasarkan observasi ditemukan salah satu permasalahan yang diduga menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa yaitu karena penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga membuat pembelajaran IPA terkesan membosankan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi magnet dengan menerapkan salah satu model pembelajaran berbasis aktivitas yaitu model inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara bersiklus dengan setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan data yang digunakan yaitu data kualitatif tentang informasi penerapan langkah-langkah model inkuiri dan data kuantitatif tentang hasil belajar IPA materi magnet. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Pada subjek penelitian yang berjumlah 22 orang, hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I perolehan ketuntasan yaitu sebanyak 10 orang siswa yang tuntas atau 45,45% (cukup) dengan nilai rata-rata 61,82. Sedangkan pada siklus II perolehan ketuntasan yaitu sebanyak 20 orang siswa yang tuntas atau 90,91% (sangat baik) dengan nilai rata-rata 88,64. Sehingga nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 26,82 sedangkan persentase ketuntasan meningkat sebesar 45,46%. Perolehan tersebut menunjukan pembelajaran pada siklus II telah berhasil sehingga penelitian tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya. Karena semua kriteria yang ditetapkan telah terpenuhi jadi dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDI Kuanino 3 Kota Kupang tahun pelajaran 2023/2024.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Hajar Salim - Personal Name
Student ID
2001140010
Dosen Pembimbing
Marsi D.S. Bani, S.Pd., M.Pd - 19820314 200812 1 001 - Dosen Pembimbing 1
Netty E. A. Nawa, S.Pd., M.Pd. - 19780929 202421 2 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Taty R. Koroh, S.Pd, M,Pd - 19621004 198811 2 001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Sal P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA