Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Perubahan Wujud Benda Melalui Model Kooperatif Tipe Word Square di Kelas III UPTD SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang
XMLSkripsi oleh Maria Fatima Eriowanti Dhoro. 2001140082 dengan judul Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Perubahan Wujud Benda Melalui Model Kooperatif Tipe Word Square di Kelas III UPTD SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang Perubahan Wujud Benda pada siswa kelas III UPTD SD Inpres Bakunase 2 Kupang melalui Model Kooperatif Tipe Word Square. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa tentang perubahan wujud benda pada siswa kelas III UPTD SD Inpres Bakunase 2 kota kupang melalui model kooperatif tipe word square.
Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan penelitian yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Dengan mengambil lokasi di SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang. Subjek penelitiannya seluruh siswa kelas III SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang (37 orang). Teknik pengumpulan data yang dipergunakan peneliti yakni observasi, tes, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa melalui penggunaan model kooperatif tipe word square adanya peningkatan dengan sangat baik. Hasil pre-test menunjukan persentase ketuntasan siswa hanya 54,05%. Siklus I persentase ketuntasan 67,57% (25 orang yang tuntas), dengan nilai rata-rata kelas 72,87 serta siklus II persentase ketuntasan meningkat menjadi 86,48% (32 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata kelas 85,13. Meningkatnya hasil belajar siswa ditunjukan dari meningkatnya lembar observasi yang disediakan peneliti. Kesimpulan yakni penggunaan model kooperatif tipe word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III UPTD SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang.
Kata kunci: Kooperatif Word Square, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Maria fatima Eriowanti dhoro - Personal Name
|
Student ID |
2001140082
|
Dosen Pembimbing |
Moses Kopong Tokan - 19631231 199203 1 202 - - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Moses Kopong Tokan - - Ketua Penguji
max - - Penguji 1 Hartoyo Yudhawardana, S.Si., M.Si - 196911101999031003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi | |
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
862.06 dho P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |