Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Perubahan Wujud Benda Melalui Model Kooperatif Tipe Word Square di Kelas III UPTD SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Perubahan Wujud Benda Melalui Model Kooperatif Tipe Word Square di Kelas III UPTD SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang

XML

Skripsi oleh Maria Fatima Eriowanti Dhoro. 2001140082 dengan judul Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Perubahan Wujud Benda Melalui Model Kooperatif Tipe Word Square di Kelas III UPTD SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang Perubahan Wujud Benda pada siswa kelas III UPTD SD Inpres Bakunase 2 Kupang melalui Model Kooperatif Tipe Word Square. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa tentang perubahan wujud benda pada siswa kelas III UPTD SD Inpres Bakunase 2 kota kupang melalui model kooperatif tipe word square.
Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan penelitian yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Dengan mengambil lokasi di SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang. Subjek penelitiannya seluruh siswa kelas III SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang (37 orang). Teknik pengumpulan data yang dipergunakan peneliti yakni observasi, tes, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa melalui penggunaan model kooperatif tipe word square adanya peningkatan dengan sangat baik. Hasil pre-test menunjukan persentase ketuntasan siswa hanya 54,05%. Siklus I persentase ketuntasan 67,57% (25 orang yang tuntas), dengan nilai rata-rata kelas 72,87 serta siklus II persentase ketuntasan meningkat menjadi 86,48% (32 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata kelas 85,13. Meningkatnya hasil belajar siswa ditunjukan dari meningkatnya lembar observasi yang disediakan peneliti. Kesimpulan yakni penggunaan model kooperatif tipe word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III UPTD SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang.
Kata kunci: Kooperatif Word Square, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2001140082
Dosen Pembimbing
Moses Kopong Tokan - 19631231 199203 1 202 - - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Moses Kopong Tokan - - Ketua Penguji
max - - Penguji 1
Hartoyo Yudhawardana, S.Si., M.Si - 196911101999031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakan Undana : Kupang.,
Edisi
Subyek
No Panggil
862.06 dho P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA