Rancang Bangun Sistem Pengawasan Dan Kendali Energi Listrik Pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap Berbasis Internet Of Things (IoT) Menggunakan Raspberry Pi

Detail Cantuman

Skripsi

Rancang Bangun Sistem Pengawasan Dan Kendali Energi Listrik Pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap Berbasis Internet Of Things (IoT) Menggunakan Raspberry Pi

XML

Sebagai negara dengan iklim tropis, Indonesia mempunyai potensi besar dalam menghasilkan energi listrik dari tenaga surya. Namun kompleksitas pengoperasiannya menjadikan pembangkit listrik tenaga surya kurang diminati oleh masyrakat awam. Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu sistem yang dapat memantau dan mengendalikan penggunaan energi listrik pada sistem pembangkit energi listrik tenaga surya yang dipasang pada atap rumah warga. Sistem yang dihasilkan dari penelitian ini berhasil mengintegrasikan beberapa sensor berbeda menggunakan Bluetooth dan MQTT dan berhasil melakukan pengendalian beban menggunakan relay dengan Raspberry Pi sebagai perangkat komputasi utamanya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi agile, yang bertujuan untuk mempercepat proses pengembangan dengan mengumpulkan informasi, merancang dan mengimplementasikan sistem secara cepat untuk kemudian diuji dan diperbaiki. Hal ini dilakukan secara berulang hingga hasil yang diperoleh memenuhi kriteria kebutuhan sistem. Terdapat beberapa pengujian berbeda yang dilakukan terhadap sistem yang dihasilkan. Kemampuan sensorik sistem dievaluasi melalui 19 pengujian berbeda, membandingkan keluaran sistem dengan keluaran multimeter standar. Hasilnya menunjukkan kesalahan deviasi rata-rata kurang dari 1% untuk pembacaan tegangan dan kurang dari 3,2% untuk pembacaan arus.
Selain itu, 9 pengujian juga dilakukan untuk menilai kemampuan komunikasi antara perangkat sensor dan Raspberry Pi dan semuanya berhasil. Lebih jauh, sistem menjalani pengujian dengan 7 skenario kontrol beban yang berbeda, dan semuanya berhasil dikelola oleh sistem dengan tepat. Dilakukan juga 15 pengujian fungsional terhadap aplikasi klien menggunakan black box testing dan semuanya berfungsi dengan tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dihasilkan dapat digunakan untuk memantau pembangkitan dan penggunaan energi listrik serta mengontrol beban energi listrik dalam rumah.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1706030056
Dosen Pembimbing
Dr. Almido H. Ginting. ST., M.Eng - 197608162005011001 - Dosen Pembimbing 1
Samy Yeverson Doo, ST, MT - 197603072001121003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Almido H. Ginting. ST., M.Eng - 197608162005011001 - Ketua Penguji
Samy Yeverson Doo, ST, MT - 197603072001121003 - Penguji 1
Jani F. Mandala, ST, Mt - 19680122 199903 1 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
20201
Edisi
Published
Departement
Teknik Elektro
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
202.01 Mar R
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA