Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pemantulan Cahaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Kristen Ayofanu

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pemantulan Cahaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Kristen Ayofanu

XML

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa terhadap pelajaran IPA yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Kristen Ayofanu pada pembelajaran IPA Terpadu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.

Penelitian ini dilakukan di kelas VIII A yang terdiri dari 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, tes, dan observasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Pada tes siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 65,5 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 40%. Pada tes siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 81 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 85%.

Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan yaitu, penerapan pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPA Terpadu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Kristen Ayofanu. Karena demikian hal ini ditunjukkan dari hasil tes yang mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Meningkat rata-rata hasil belajar siswa dihitung dengan menggunakan rumus gain rata-rata ternormalisasi yaitu sebesar 0,44 atau 44%. Peningkatan hasil belajar ini termasuk dalam kriteria sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dan melatih siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran.

Kata kunci: Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing, IPA Terpadu (Fisika), Hasil Belajar Siswa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Jenintan Adolni R. Missa - Personal Name
Student ID
1901050064
Dosen Pembimbing
Vinsensius Lantik, S.Pd., M. Pd. - 19790129 200812 1 001 - Dosen Pembimbing 1
Jannes Bastian Selly, S.Pd., M.Si., M.Kes. - 199206042022031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. I Wayan Sukarjita, S.Pd.,M.Si - 19680715 199403 1 002 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Miss P
Copyright
individu penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA