Studi pengaruh aspek ekonomi, sosial dan budaya masyarakat desa penyangga terhadap upaya kelestarian Taman Nasional Kelimutu (studi kasus desa Saga, SPTN Wil. II)

Detail Cantuman

Skripsi

Studi pengaruh aspek ekonomi, sosial dan budaya masyarakat desa penyangga terhadap upaya kelestarian Taman Nasional Kelimutu (studi kasus desa Saga, SPTN Wil. II)

XML

Taman nasional Kelimutu terletak di bagian tengah pulau Flores, tepatnya di kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur. Kawasan Taman Nasional Kelimutu merupakan taman nasional dengan luas terkecil di Indonesia, yaitu 5.356,5 ha. Permasalahan yang dihadapi taman nasional Kelimutu terhadap masyarakat desa Saga adalah berkaitan dengan perkebunan kopi dalam kawasan, penebangan kayu adat, penggembalaan ternakliar, dan aktivitas masyarakat dalam kawasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aspek ekonomi, sosial dan budaya masyarakat yang berada di salah satu desa penyangga Taman nasional Kelimutu dalam kaitanya terhadap upaya kelestarian Taman nasional Kelimutu. Penelitian ini dilakukan di Desa Saga ( Desa penyangga Taman Nasional Kelimutu), Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur pada bulan Agustus-September 2023. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek ekonomi mempengaruhi tingkat partisipasi masyarakat dalam program-program konservasi. Masyarakat yang mengalami kondisi ekonomi yang sulit cenderung kurang berpartisipasi dalam kegiatan konservasi karena mereka lebih fokus pada memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Sebaliknya, masyarakat yang lebih sejahtera secara ekonomi memiliki lebih banyak waktu dan sumber daya untuk terlibat dalam upaya kelestarian alam. Aspek sosial mempengaruhi pola konsumsi dan perilaku terhadap lingkungan. Nilai-nilai, norma, dan struktur sosial dalam masyarakat memainkan peran penting dalam membentuk pola konsumsi dan perilaku terhadap lingkungan. Aspek budaya memainkan peran penting dalam memelihara tradisi lokal yang berhubungan dengan kelestarian alam. Nilai-nilai, kepercayaan, dan praktik budaya turun-temurun dapat menjadi pendorong atau penghambat dalam upaya kelestarian alam. Masyarakatyang memiliki tradisi budaya yang kuat yang mendukung konservasi alam cenderung lebih aktif dalam menjaga lingkungan alam sekitar mereka.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Stella Giri - Personal Name
Student ID
1904070030
Dosen Pembimbing
MARIA M PURNAMA - 197606132006042001 - Dosen Pembimbing 1
FADLAN.PRAMATANA - 199411122019031010 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maria M Purnama - 197606132006042001 - Ketua Penguji
FADLAN PRAMATANA - - Penguji 1
Lusia Sulo Marimpan - 198108142006042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54251
Edisi
Published
Departement
Kehutanan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.51 Iri S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA