Skripsi
Pelaksanaan Hak Pekerja Outsourcing Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Kalabahi
XMLBank merupakan lembaga keuangan yang memberikan kredit dan jasa di lalulintas pembayaran dan peredaran uang. Keberadaan outsourcing yaitu mengalihdayakan satu atau beberapa bagian kegiatan perusahaan yang sebelumnya dikelola secara internal kepada perusahaan lain yang dikenal sebagai perusahaan penyedia jasa pekerja. Dalam pelaksanaannya hak-hak pekerja outsourcing sudah dipenuhi oleh perusahaan. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah pelaksanaan hak pekerja outsourcing ditinjau dari Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Kalabahi? (2) Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi hak pekerja outsourcing tidak terpenuhi sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan? Tujuan dari penelitian ini: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan hak pekerja outsourcing ditinjau dari Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Kalabahi. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan hak pekerja outsourcing tidak terpenuhi sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Pemenuhan Hak Pekerja outsourcing ditinjau dari Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Kalabahi, di mana pelaksanaan pemenuhan haknya sudah berjalan sesuai dengan mekanisme bahkan manajemen bank menyatakan bahwa hak-hak pekerja sudah diberikan sebagaimana mestinya. Namun hanya kurangnya pemahaman pekerja terkait isi perjanjian kerja itu sendiri yang mengakibatkan para pekerja beranggapan bahwa perusahaan belum memenuhi hak pekerja. (2) Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan hak pekerja outsourcing tidak terpenuhi sebagaimana yang diatur dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Kalabahi yaitu, (a) Kurang patuhnya pekerja terhadap peraturan, (b) Kurangnya pemahaman pekerja terkait isi perjanjian kerja, dan (c) lamanya masa kerja para pekerja.
Adapun kesimpulan: (1) Pelaksanaan pemenuhan hak pekerja outsorcing pada Bank Rakyat Cabang Kalabahi belum dilaksanakan sesuai dengan mekanisme. Manajemen bank menyatakan bahwa hak-hak pekerja diberikan sebagaimana mestinya. (2) Faktor yang mempengaruhi hak pekerja outsourcing tidak terpenuhi sebagaimana yang telah diatur di dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan yaitu disebabkan oleh pekerja itu sendiri karena ada beberapa faktornya yaitu, tidak patuhnya pekerja terhadap aturan, kurangnya pemahaman pekerja terkait isi perjanjian kerja dan lamanya masa kerja para pekerja itu sendiri. Saran dari penulis adalah perlunya pihak bank melakukan diskusi bersama para pekerja outsourcing terkait perjnajian kerja dan pihak bank harus memperketat peraturan perusahaan.
Kata kunci: Pelaksanaan, Hak pekerja, Outsourcing, Faktor-faktor yang mempengaruhi.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
FARADILA UMAYYAH - Personal Name
|
Student ID |
1902010411
|
Dosen Pembimbing |
SITI RAMLAH USMAN - 196003051987032001 - Dosen Pembimbing 1
HELSINA FRANSISKA PELLO - 197912212005012002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Darius Mauritsius - 197705312005011001 - Ketua Penguji
Siti Ramlah Usman - 196003051987032001 - Penguji 1 Helsina Fransiska Pello - 197912212005012002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
74101
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Hukum
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
742.01 UMA P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |