Prosedur Perwalian, Hak Dan Kewajiban Para Pihak Serta Faktor Penghambat Dalam Pelaksanaan Perwalian Anak Oleh Panti Asuhan Eugene Schmiz Di Kelurahan Lewoleba Timur Berdasarkan Hukum Perdata

Detail Cantuman

Skripsi

Prosedur Perwalian, Hak Dan Kewajiban Para Pihak Serta Faktor Penghambat Dalam Pelaksanaan Perwalian Anak Oleh Panti Asuhan Eugene Schmiz Di Kelurahan Lewoleba Timur Berdasarkan Hukum Perdata

XML

Perwalian adalah kewenangan dalam pemeliharaan dan pengawasan terhadap anak di bawah umur, yang tidak berada di bawah kekuasaan orang tuanya serta pengurusan benda atau kekayaan anak tersebut yang telah diatur oleh Undang-Undang. Namun dalam pelaksanaannya terdapat prosedur yang mengatur hal itu dengan cara tersendiri. Adapun rumusan masalah : (1) Bagaimanakah prosedur perwalian anak pada Panti Asuhan Eugene Schmiz di Kelurahan Lewoleba Timur berdasarkan hukum perdata?. (2) Bagaimanakah hak dan kewajiban para pihak dalam pelaksanaan perwalian anak pada Panti Asuhan Eugene Schmiz di Kelurahan Lewoleba Timur berdasarkan hukum perdata?. (3) Apa yang menjadi faktor penghambat dalam pelaksanaan perwalian anak di Panti Asuhan Eugene Schmiz, Kelurahan Lewoleba Timur?. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah informasi bagi pemerintah untuk lebih mengawasi prosedur perwalian dan menambah informasi kepada masyarakat untuk mengetahui prosedur perwalian anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode hukum yuridis empiris.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Prosedur pelaksanaan perwalian anak di Panti Asuhan Eugene Schmiz menerapkan aturan tersendiri yang sederhana, tidak terbelit-belit, tidak membutuhkan biaya yang banyak dan tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga pengurus Panti Asuhan, pengasuh, orang tua dan anak-anak dipermudah dalam proses administrasinya. (2) Hak dan kewajiban para pihak Panti Asuhan muncul sebagai akibat dari tanggung jawab atas perannya masing-masing, walaupun sudah terlaksana dengan baik namun kenyataanya terdapat masalah yang muncul mengakibatkan hak dan kewajiban menjdi tidak seimbang. (3) Faktor penghambat yang dialami dalam pelaksanaan perwalian adalah ketidaktahuan prosedur perwalian, kurangnya persyaratan masuk dan anak-anak yang masuk tanpa orang tua kandung.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Prosedur perwalian anak pada Panti Asuhan Eugene Schmiz belum menerapkan aturan sesuai dengan Ketentuan Undang-Undang. (2) Hak dan kewajiban para pihak berjalan seimbang sebagai akibat dari tanggung jawab atas perannya masing-masing. (3) Faktor penghambat dalam pelaksanaan perwalian adalah ketidaktahuan prosedur, kurangnya berkas/dokumen dan identitas anak yang tidak jelas. Saran dari penulis adalah perlunya dilakukan sosialisasi dari pemerintah terhadap pengurus Panti Asuhan dan asyarakat terkait prosedur perwalian anak yang sesuai dengan Ketentuan Undang-undang.
Kata kunci : Prosedur, Perwalian, Hak dan Kewajiban Anak, Panti Asuhan, Faktor Penghambat


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
DEWI PRISKA NIMANUHO - Personal Name
Student ID
1702010032
Dosen Pembimbing
SITI RAMLAH USMAN - 196003051987032001 - Dosen Pembimbing 1
HELSINA FRANSISKA PELLO - 197912212005012002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Siti Ramlah Usman, S.H., M.Hum. - 19600305 198703 2 001 - - Ketua Penguji
Helsina F. Pello, S.H., M.Hum - 197912212005012002 - Penguji 1
Husni Kusuma Dinata, S.H.,M.Hum - 19740914 200501 1 002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 NIM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA