Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Titl SMK Negeri 2 Kupang Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Titl SMK Negeri 2 Kupang Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adakah pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri dengan metode simulasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran instalasi motor listrik di kelas XI TITL SMK Negeri 2 Kupang; (2) adakah pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri dengan metode demonstrasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran instalasi motor listrik di kelas XI TITL SMK Negeri 2 Kupang; (3) adakah perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri metode simulasi dan metode demonstrasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran instalasi motor listrik di kelas XI TITL SMK Negeri 2 Kupang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen eksperimen, desain rencangan penelitian yaitu Quasi-Experimental Design, jenis penelitian ini yaitu Noneequivalent Control Group Design, penelitian ini memiliki dua kelompok sebagai subjek penelitian yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Pengumpulan data yang dilakukan melalui test akhir dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesi dengan analisis regeasi sederhana dengan analisis uji independent sampel t-test dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri dengan metode simulasi berpengaruh sebesar 30.2% dan r_hitung>r_tabel (3.836 > 2,032) dan P value < α (0,001 < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara signifikan antara model pembelajaran inkuiri dengan metode simulasi dengan hasil belajar. Untuk variabel model pembelajaran inkuiri dengan metode demonstrasi sebesar 40.2% dan t_hitung>t_tabel (4.797 > 2,032) dan P value < α (0,000 < 0,05), maka disimpulkan bahwa ada pengaruh secara signifikan antara model pembelajaran inkuiri dengan metode demonstrasi dengan hasil belajar. Untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran inkuiri dengan metode simulasi dengan model pembelajaran inkuiri dengan metode demonstrasi, t_hitung= -3.347 dan didapatkan nilai t_tabel= -1.994 dengan df = 70, karena Nilai thitung > ttabel (-3.347 > -1,994), dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri dengan metode simulasi dengan model pembelajaran inkuiri dengan metode demonstrasi terhadap hasil belajar.
Kata Kunci: Model pembelajaran inkuiri dengan metode simulasi dengan model pembelajaran inkuiri dengan metode demonstrasi,Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1601130014
Dosen Pembimbing
I MADE PARSA - 196106181988031003 - Dosen Pembimbing 1
ZET YULIUS BAITANU - 197703232005011001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
I Made Parsa - 196106181988031003 - Ketua Penguji
Zet Yulius Baitanu - 197703232005011001 - Penguji 1
FRANS F. G. RAY - 197406052006041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Elektro
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 RAD P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA