“Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Penjumlahan Pecahan Melalui Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Pecahan Di Kelas V SD Gmit Airnona 2 Kota Kupang”

Detail Cantuman

Skripsi

“Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Penjumlahan Pecahan Melalui Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Pecahan Di Kelas V SD Gmit Airnona 2 Kota Kupang”

XML

Skripsi oleh Maria Elfira Guteres, NIM 2001140153, Progran Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2024 Dengan judul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Penjumlahan Pecahan Melalui Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Pecahan Di Kelas V SD Gmit Airnona 2 Kota Kupang”. Dengan pembimbing I Dr. Damianus D. Samo, M.Pd dan Pembimbing II Maxsel Koro, M.Pd.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan pecahan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantu media puzzle pecahan. Penetian ini dilaksanakan di SD GMIT Airnona 2 Kota Kupang dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 29 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan secara bertahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa lembar tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriftif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantu media puzzle pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Dilihat dari presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum melaksanakan penelitian 34,49% meningkat pada siklus 1 sebesar 44,83% sedangkan pada siklus II sebesar 86%. Pada aktivitas guru meningkat dari siklus I 78,33 menjadi 96,66 pada siklus II. Pada aktivitas siswa meningkat dari siklus I 70,17 menjadi 88,44 pada siklus II Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantu media puzzle pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan pecahan.

Kata kunci : Hasil Belajar, Numbered Heads Together, Puzzle Pecahan. Penjumlahan Pecahan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maria Elfira Guteres - Personal Name
Student ID
2001140153
Dosen Pembimbing
Damianus Dao Samo - 19831231 2012212 1 003 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Juliana M. H. Nenohai - 19640702 199303 2 005 - Ketua Penguji
Dr.Damianus Dao samo - 1983123120121003 - Penguji 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Gut P
Copyright
individu penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA