Skripsi
“Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Penjumlahan Pecahan Melalui Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Pecahan Di Kelas V SD Gmit Airnona 2 Kota Kupang”
XMLSkripsi oleh Maria Elfira Guteres, NIM 2001140153, Progran Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2024 Dengan judul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Penjumlahan Pecahan Melalui Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantu Media Puzzle Pecahan Di Kelas V SD Gmit Airnona 2 Kota Kupang”. Dengan pembimbing I Dr. Damianus D. Samo, M.Pd dan Pembimbing II Maxsel Koro, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan pecahan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantu media puzzle pecahan. Penetian ini dilaksanakan di SD GMIT Airnona 2 Kota Kupang dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 29 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pelaksanaan secara bertahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa lembar tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru. Data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriftif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantu media puzzle pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Dilihat dari presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum melaksanakan penelitian 34,49% meningkat pada siklus 1 sebesar 44,83% sedangkan pada siklus II sebesar 86%. Pada aktivitas guru meningkat dari siklus I 78,33 menjadi 96,66 pada siklus II. Pada aktivitas siswa meningkat dari siklus I 70,17 menjadi 88,44 pada siklus II Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berbantu media puzzle pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan pecahan.
Kata kunci : Hasil Belajar, Numbered Heads Together, Puzzle Pecahan. Penjumlahan Pecahan.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Maria Elfira Guteres - Personal Name
|
Student ID |
2001140153
|
Dosen Pembimbing |
Damianus Dao Samo - 19831231 2012212 1 003 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Juliana M. H. Nenohai - 19640702 199303 2 005 - Ketua Penguji
Dr.Damianus Dao samo - 1983123120121003 - Penguji 1 Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Gut P
|
Copyright |
individu penulis
|
Doi |