Skripsi
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP
XMLKemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan siswa dalam menyampaikan ide-ide matematika baik secara lisan maupun tulisan. Model atau strategi pembelajaran yang tepat menjadi faktor penting yang digunakan dalam membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Model pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran dimana perserta didik ditempatkan dalam kelompok kecil dengan kemampuan akademik yang heterogen (tinggi,sedang dan rendah) bekerja sama dengan kelompok untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Pembelajaran kooperatif lebih menekankan pada prinsip kerjasama antara siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, karena pembelajaran kooperatif sangat memperhatikan keberhasilan kelompok. Pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) adalah salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Nuraeni & Luritawaty (2016) berpendapat bahwa aktivitas berpikir, berbicara dan menulis dalam pembelajaran matematika merupakan aktivitas yang dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk lebih aktif selama proses pembelajaran. Aktivitas Think Talk Write (TTW) dilakukan secara optimal, maka pembelajaran dapat berlangsung efektif karena setiap anggota kelompok dapat berpartisipasi aktif untuk saling mengkritisi dan melengkapi hingga diperoleh sesuatu secara utuh.
Kata kunci : Komunikasi Matematis, Pembelajaran Kooperatif, Think Talk Write
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Gideon Bainkabel - Personal Name
|
Student ID |
1701030082
|
Dosen Pembimbing |
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Aleksius Madu - 19781215 202321 1 005 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Irna Karlina Sensiana Blegur - 19931204 202012 2 015 - Ketua Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Penguji 1 Aleksius Madu - 19781215 202321 1 005 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Bai M
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |