PENGEMBANGAN MEDIA FLIPCHART BERBASIS GAMBAR PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDI BOKING KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

Detail Cantuman

Skripsi

PENGEMBANGAN MEDIA FLIPCHART BERBASIS GAMBAR PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDI BOKING KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

XML

Kurangnya partisipasi dan keaktifan siswa dalam belajar karena kurangnya media pembelajaran yang digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flipchart pada materi struktur dan fungsi bagian tumbuhan terhadap siswa kelas IV sekolah dasar. Tujuan pengembangan media flipchart ini dilihat dari hasil observasi awal sebelum penelitian. Guru SDI Boking menjelaskan materi struktur dan bagian fungsi tumbuhan hanya berpatokan pada buku dan ceramah, sehingga membuat siswa bosan dan kurang aktif dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Model pengembangan ini dikembangkan oleh Dick and Carey dalam buku Mulyatiningsih. Model penelitian ini diawali dengan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI Boking Soe. Dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu skala besar dan skala kecil dengan jumlah siswa 14 orang. Pengumpulan data ini dilakukan dengan angket/kuesioner dan soal tes. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil uji kelayakan media pembelajaran flipchart oleh ahli materi sebesar 81,81%, sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak” dan nilai rata-rata ahli media sebesar 90,90% sehingga termasuk dalam kategori “sangat layak”. Sedangkan hasil uji kepraktisan dilakukan oleh ahli praktisi selaku guru wali kelas IV, sehingga nilai yang dipereleh sebesar 91,66% termasuk dalam kategori “sangat praktis”. Kemudian uji keefektifan diberikan kepada seluruh siswa kelas IV SDI Boking dengan soal pretest dan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Penilaian media pembelajaran flipchart dapat dilihat dengan hasil belajar siswa yang diukur dengan menggunakan soal pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest sebesar 57 dan postest sebesar 92, dan termasuk dalam kategori “sangat efektif’ sehingga hasil belajar siswa dapat dilihat perubahan antara hasil pretest dan posttest pada siswa mengalami peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media pembelajaran flipchart.
Kata kunci:Model, Flipchart, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Theresia Yunita Bekamau - Personal Name
Student ID
1801140030
Dosen Pembimbing
HIWA WONDA - 196201231988031001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Hiwa Wonda, S.Pd, M.Pd - 19620123 198803 1 001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
Dr. Petrus Ly, M.Si - 19591211 198601 1 002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Bek P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA