Skripsi
PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI SIKLUS AIR PADA SISWA KELAS V SD GMIT KUANINO 3 KOTA KUPANG
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media video animasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA materi siklus air pada siswa kelas V SD GMIT Kuanino 3 Kota Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik Purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 11 orang. Hasil penelitian membuktikan adanya pengaruh yang signifikan antara media video animasi terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan perbedaan nilai ketuntasan pada siswa sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan setelah diberikan perlakuan (posttest). Siswa yang tuntas pada pretest sebanyak 2 orang sedangkan pada postest semua siswa tuntas sebanyak 11 orang sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan media video animasi materi siklus air dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Uji normalitas hasil belajar dari pretest-posttest didapatkan nilai signifikan sebesar 0,200 pretest dan 0,127 untuk posttest > 0,05 sehinga data berdistribusi normal, hasil uji homogenitas menunjukan (sig) Levene’s sebesar 0,438 > 0,05 sehingga data yang diperoleh bersifat homogen. Selain itu, pengujian hipotesis dengan uji t menggunakan SPSS versi 25 diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0.000 < 0,05. Dengan demikian, media video animasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Media video animasi, hasil belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Nofrianti Yosina Liunokas - Personal Name
|
Student ID |
2001140095
|
Dosen Pembimbing |
ANTONIUS SUBAN HALI - 197809172009121004 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Moses K. Tokan - 196312311992031202 - Ketua Penguji
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Penguji 1 Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Liu P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |