Pengaruh Kombinasi Naungan Dan Konsentrasi Nutrisi AB Mix Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Selada (Lactuca Sativa L.) Dalam Hidroponik Sistem Wick

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Kombinasi Naungan Dan Konsentrasi Nutrisi AB Mix Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Selada (Lactuca Sativa L.) Dalam Hidroponik Sistem Wick

XML

Selada merupakan salah satu komoditi hortikultura yang memiliki prospek dan nilai komersial yang cukup baik. Selain itu, selada juga mengandung kalori, air, karbohidrat, lemak, kalsium, vitamin A dan B1, besi dan fosfat. Permintaan tanaman selada semakin meningkat namun kondisi alam dan luasan lahan menjadi kendala dalam kegiatan budidaya sayuran. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah kekeringan dan lahan yang semakin sempit. Solusi yang diberikan dengan menerapkan teknik hidrponik yang dapat menjadi alternatif pertanian berkelanjutan di masa depan karena hidroponik sangat cocok untuk diterapkan pada lahan kering terkhususnya khususnya di NTT. Namun Penggunaan naungan dalam sistem hidroponik dapat dimanfaatkan untuk menurunkan intensitas cahaya matahari dan melindungi tanaman budidaya yang bertujuan untuk menciptakan sehingga tercipta kondisi lingkungan yang baik guna mendukung bagi pertumbuhan tanaman. Pengaturan konsentrasi Nutrisi nutrisi AB mix dibagi menjadi 2 yaitudimana nutrisi A yang mengandung unsur makro dan nutrisi B yang mengandung unsur mikro. Juga dibutuhkan untuk optimalisasi pertumbuhan tanaman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pertumbuhan tanaman selada secara hidroponik dengan menggunakan teknologimodel wick system, pengaruh dengan perlakuan konsentrasi nutrisi AB mix dan naungan untuk dilhat pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada, pengaruh naungan terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada.Penelitian ini telah dilakukan dari bulan September-November 2022, yang dilaksanakan di Matani, Kupang Tengah.
Hasil penelitian pertumbuhan tanaman selada secara hidroponik dengan menggunakan wick system menunjukkan pertumbuhan tanaman selada secara hidroponik dengan menggunakanmodel wick system sangat efektif, kemudian konsentrasi nutrisi AB mix terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada paling terbaik terdapat pada konsentrasi N3 =perlakuan Naungan Plastik UV + 600 ppm dibanding dengan perlakuan lain. Kemudian hasil Hasil terendah diperoleh dari perlakuan N6 = Naungan paranet 50% + 1200 ppm. Naungan untuk pertumbuhan dan hasil tanaman selada terdapat padaterbaik diperoleh dari Naungan Plastik UV.

Kata Kunci: Naungan, AB-Mix, Tanaman selada, Hidroponik.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
JACQUELINE RIWU ROHI - Personal Name
Student ID
1804060016
Dosen Pembimbing
EFFY ROEFAIDA - 196312021987022001 - Dosen Pembimbing 1
I Nyoman W. Mahayasa - 19601128 198803 1 002 - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Effy Roefaida - 196312021987022001 - Ketua Penguji
I Nyoman W. Mahayasa - 19601128 198803 1 002 - - Penguji 1
I. G.B Adwita Arsa - 196407011990092001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54211
Edisi
Published
Departement
Fakultas Pertanian
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.11 ROH P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA