Pengembangan Asesmen Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Ikatan Kimia Berbasis Gaya Belajar Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Asesmen Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Ikatan Kimia Berbasis Gaya Belajar Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

XML

Telah dilakukan penelitian tentang Pengembangkan Asesmen Higher order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Ikatan Kimia Berbasis Gaya Belajar Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Tujuan penelitian ini adalah: 1) menghasilkan asesmen HOTS pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar yang layak digunakan. 2) menghasilkan asesmen HOTS pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar yang berkualitas berdasarkan segi keterbacaannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluasi). Asesmen HOTS pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar terdiri atas 20 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian yang dilengkapi dengan gambar, grafik, audio dan video. Produk ini divalidasi oleh ahli materi dan ahli evaluasi pembelajaran untuk mengetahui kelayakan produk, lalu diujikan kepada peserta didik. Tahap uji coba melibatkan 61 orang peserta didik dari dua kelas yaitu XI C dan XI D di SMAN 5 Kupang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan IBM Statistic 21 untuk mengetahui kualitas keterbacaan asesmen yang diuji. Hasil penelitian menunjukan, tingkat kelayakan produk dari ahli materi dan ahli evaluasi berturut-turut sebesar 4,62 dan 4,32 yang dikategorikan sangat layak. Kualitas asesmen HOTS pada materi ikatan kimia berbasis gaya belajar ditinjau dari segi keterbacaan yaitu validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan daya pengecoh. Hasil uji validitas menunjukan dari 25 soal yang dikembangkan terdapat 3 soal yang tidak valid. Tingkat kesukaran soal tergolong baik karena soal berada pada tingkatan tidak terlalu sulit dan tidak terlalu mudah. Hasil uji daya pembeda soal menunjukan 21 soal dikategorikan baik dalam membedakan kemampuan peserta didik. Uji daya pengecoh menunjukan 11 soal perlu dilakukan perbaikan pada beberapa opsi jawaban yang tidak diterima. Uji reliabilitas tes 17 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian yang dikatakan valid dengan nilai berturut – turut sebesar
0,747 dan 0,835 yang dikategorikan sangat tinggi dan reliabel sehingga dapat digunakan pada waktu dan lokasi yang berbeda.

Kata kunci : Pengembangan, Asesmen, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Ikatan Kimia, Gaya Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
GAULDENSIA FELANI SENDA - Personal Name
Student ID
2001060041
Dosen Pembimbing
SUDIRMAN - 197008172006041022 - Dosen Pembimbing 1
LOLITA AGUSTA MAGDALENA PARERA - 198008092014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Heru Christianto - 19921213 201903 1 011 - Ketua Penguji
Lolita Agusta Magdalena Parera - 198008092014042001 - Penguji 1
Sudirman - 197008172006041022 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84204
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.04 SEN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA