Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPA TENTANG SIKLUS HIDUP HEWAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NUALUNAT
XMLPenelitian ini diadakan di SD Negeri Nualunat dengan hasil penelitian menunjukan pada siklus I, 12 orang (60%) dinyatakan tuntas karena memperhatikan penjelasan Guru, bekerja sama dalam kelompok, melaporkan hasil kerja kelompok atau diskusi, menyelesaikan soal tes dengan benar, sedangakan yang tidak tuntas 8 orang siswa (40) karena tidak mau bekerjasama, suka mengganggu teman, tidak memperhatikan penjelasan guru, belum sepenuhnya mengikuti metode pembelajaran yang diarahkan oleh Guru. Kekuranagn guru yakni guru belum sepenuhnya menguasai kelas. Selanjutnya siklus II dari 20 orang siswa yang dinyatakan tuntas berjumlah 18 orang (90%), siswa tidak lagi asik sendiri, mau saling bekerja sama dalam kelompok, melaporkan hasil kerja sama didepan kelas dan sudah bisa mengikuti metode pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dan mampu menyelesaikan sola dengan benar.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tentang siklus hidup hewan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Model Numbered head together , Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Mariani Nitra Auni Liufeto - Personal Name
|
Student ID |
1701140109
|
Dosen Pembimbing |
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Netty E.A. Nawa - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1 Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Liu P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |