Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PhET SIMULASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PBL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA NEGERI OINLASI
XMLKimia merupakan mata pelajaran yang membosankan dan sulit oleh sebagian peserta didik karena bersifat abstrak dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, guru perlu membangun suasana belajar yang kondusif dalam pembelajaran kimia, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang digunakan adalah PhET Simulation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media PhET Simulation terhadap hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi di kelas XI SMA Negeri Oinlasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik sampling jenuh sehingga diperoleh kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan PhET Simulation yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan PhET Simulation dengan hasil posttest kelas eksperimen sebesar 80,68 lebih besar dari hasil posttest kelas kontrol yang sebesar 72,42 atau diperoleh nilai Sig. (2-tailed) pada t-test for Equality of Means yaitu 0,00 lebih kecil dari taraf signifikannya sebesar 0,05 (0,00 < 0,05).
Kata Kunci: Hasil Belajar, Probelem Based Learning (PBL), Media Pembelajaran, PhET Simulation.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
INER AGRIANTI LIU - Personal Name
|
Student ID |
1901060109
|
Dosen Pembimbing |
Sudirman, S.Pd., M.Pd - 19700817 200604 1 022 - Dosen Pembimbing 1
Ni Wayan O. A. C. Dewi, S.Pd., M.Si - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Heru Christianto, S.Pd., M.Pd. - 19921213 201903 1 011 - Ketua Penguji
Ni Wayan O. A. C. Dewi, S.Pd., M.Si - - Penguji 1 Sudirman, S.Pd., M.Pd - 19700817 200604 1 022 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.04 Liu. p
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |