Skripsi
Penggunaan Media Diorama Tentang Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDI Boni Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka
XMLJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan pelaksanaan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dengan mengambil lokasi penelitian di SDI.Boni Kecamatan Malaka Tengah Kabupaten Malaka. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 17 orang, dengan rincian 6 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang telah diperoleh diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata kelas 67.35 meningkat menjadi 77.94 pada siklus II, dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II yaitu 10.59. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 64.71% meningkat menjadi 100% pada siklus II, dengan peningkatan persentase 32.79%. nilai aktivitas siswa pada siklus I 66.47 menjadi 82.21 pada siklus II, dengan peningkatan sebesar 15,47, nilai aktivitas guru pada siklus I sebesar 63 menjadi 81 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 18. maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media diorama tentang karagaman suku bangsa dan budaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa IV SDI. Boni.
Kata Kunci: Media Diorama; Karagaman Suku Bangsa Dan Budaya; Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Ilona Grace Atok - Personal Name
|
Student ID |
1701140006
|
Dosen Pembimbing |
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
B Kasa - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1 PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Ato P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |