PENGGUNAAN MODEL PEMBEAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYAKU DI KELAS IV UPTD SD INPRES MOEPALI KABUPATEN ALOR

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MODEL PEMBEAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYAKU DI KELAS IV UPTD SD INPRES MOEPALI KABUPATEN ALOR

XML

Penelitian ini dilakukan di UPTD SDI Moepali Kabupaten Alor. Dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I dari 23 orang siswa yang tuntas dalam pembelajaran 16 orang siswa (70%). Siswa dikatakan tuntas karena ketika pembelajaran berlangsung siswa mendengar penjelasan guru dengan baik, berpartisipasi dalam tugas individu maupun kelompok dan menjawab pertanyaan guru, tidak menggangu teman dan mampu menyelesaikan soal tes dengan benar. Sedangkan yang tidak tuntas 7 orang siswa (30%) karena tidak fokus dalam pembelajaran, suka menggangu teman, tidak berpartisipasi aktif dalam tugas individu maupun kelompok dan belum mampu menyelesaikan soal tes dengan benar. Selanjutnya dari siklus II dari 23 orang siswa yang tuntas 21 (91%). Siswa dikatakan tuntas karena guru dapat membimbing kekurangan-kekurangan siswa saat pembelajaran dan siswa lebih aktif dalam mengerjakan tugas secara individu maupun kelompok. Sedangkan 2 (9%) orang tidak tuntas karena tidak memahami soal tes yang dikerjakan dan tidak berpartisipasi aktif dalam mengerjakan tugas kelompok maupun individu, untuk itu 2 orang yang tidak tuntas akan diberikan pengayaan oleh guru.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pada Subtema Keberagaman Budayaku menggunakan Model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, hal ini dibuktikan dengan pembelajaran bersiklus, ada perubahan yang terjadi dalam pembelajaran di SD kelas IV UPTD SDI Moepali.

Kata Kunci : Model Pemebelajaran Problem Based Learning, Keberagaman Budayaku, Kemampuan Berpikir Kritis


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Nor Eounike Asamai - Personal Name
Student ID
1701140013
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty R Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Asa P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA