ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IV UPTD SDI OEBA 4 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IV UPTD SDI OEBA 4 KOTA KUPANG

XML

Tujuannya untuk mengetahui jenis-jenis kesulitan belajar yang dialami murid UPTD SD Inpres Oeba 4, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar tersebut, serta mengetahui bagaimana upaya mengatasi kesulitan belajar? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini yakni 6 orang siswa UPTD SD Inpres Oeba 4, dan 1 orang guru wali kelas dengan rincian 3 perempuan dan 3 laki-laki. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif dengan langkah mereduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan.
Penelitian ini di adakan di UPTD SDI Oeba 4 Kabupaten Kupang, Kecamatan Pasir Panjang dengan hasil penelitian yang diperoleh, jenis-jenis kesulitan yang ada pada SDI Oeba 4 yakni 1) Sulit untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan yang disebabkan oleh selama proses belajar mengajar yang dilakukan, ada siswa yang sering melamun dan mengantuk ketika guru menjelaskan pelajaran. 2) Sulit memusatkan perhatian pada saat guru menjelaskan didepan kelas disebabkan karena ada siswa yang suka mengganggu teman sebangkunya ketika guru masi menjelaskan materi pelajaran di depan kelas , dan 3) Sulit menjawab pertanyaan yang guru berikan disebabkan karena Siswa tidak memahami isi materi yang dipaparkan oleh guru. Dengan faktor-faktor yang mempengaruhi yakni faktor kesehatan berupa keadaan fisik seperti sering merasa pusing, penglihatan siswa yang kurang jelas, faktor keluarga seperti kurang dukungan dan bantuan dari orang tua, dan faktor kebiasaan belajar siswa seperti sering merasa malas, selalu merasa mengantuk, serta kurangnya motivasi dalam diri siswa untuk giat belajar. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa yakni Memperhatikan posisi duduk siswa, diberi bimbingan, les tambahan, remedial, melakukan komunikasi dengan orang tua, kondisikan suasana belajar yang menyenangkan, dan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada kesulitan belajar yang dialami oleh murid UPTD SD Inpres Oeba 4 kesulitan belajar yang dihadapi murid yakni 1) Sulit untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan 2) Sulit memusatkan perhatian pada saat guru menjelaskan didepan kelas, dan 3) Sulit menjawab pertanyaan yang guru berikan. Dengan faktor-faktor yang mempengaruhi yakni faktor kesehatan berupa keadaan fisik seperti sering merasa pusing, penglihatan siswa yang kurang jelas, faktor keluarga seperti kurang dukungan dan bantuan dari orang tua, dan faktor kebiasaan belajar siswa seperti sering merasa malas, selalu merasa mengantuk, serta kurangnya motivasi dalam diri siswa untuk giat belajar. Upaya mengatasi masalah tersebut yaitu dilakukan dengan cara merubah posisi duduk siswa, diberi bimbingan, les tambahan, remedial, melakukan komunikasi dengan orang tua, suasana belajar yang menyenangkan, dan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif.
Kata Kunci: Kesulitan, Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2001140064
Dosen Pembimbing
Silvester P. Taneo - 19601126 198803 1 005 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Angelikus Nama Koten - 196109161987021001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Falkultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ula M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA