PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TENTANG SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V UPTD SDI BERTINGKAT OEBA 5 KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TENTANG SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V UPTD SDI BERTINGKAT OEBA 5 KOTA KUPANG

XML

Skripsi oleh Febronia Laransia Anapaula Manek NIM2001140063 PGSD 2024, dengan judul “Penggunaan Model Problem Based Learningdalam Pembelajaran Tentang Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas V UPTD SDI Bertingkat Oeba 5 Kota Kupang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model problembased learning dalam pembelajaran tentang sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V UPTD SDI Bertingkat Oeba 5 Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, tes dan refleksi. Subjek penelitian peserta didik kelas VUPTD SDI Bertingkat Oeba 5 Kota Kupang yang berjumlah 33 orang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 22 perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Metode yang digunakan yakni deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik tentang sistem pernapasan manusia menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar yaitu padasiklus I dari 33 subjek penelitian 10 orang (30%) yang tuntas dikarenakan peserta didik memperhatikan penjelasan guru, mampu bekerja sama dalam kelompok, peserta didik ikut aktif dalam berdiskusi dan melaporkan hasil diskusi, peserta didik mengerjakan soal evaluasi yang telah diberikan oleh guru dengan baik. Sedangkan 23 orang (70%) yang belum mencapai KKTP dikarenakan guru belum menerapkan video pembelajaran sehingga peserta didik belum paham tentang materi yang dicapai, guru tidak memberikan motivasi kepada peserta didik dalam belajar sehingga peserta didik tidak semangat dalam belajar dan banyak yang terlihat pasif saat pembelajaran berlangsung, guru belum menerapkan model problem based Learning dengan baik pada pembelajaran di siklus I, guru tidak memberikan kesempatan kepada peserta didik yang ingin bertanya. Sedangkan peserta didik tidak bertanya tentang materi yang tidak dimengerti, peserta didik kurang fokus pada saat guru menjelaskan materi, peserta didik kurang aktif pada saat pembelajaran berlangsung dan belum menyelesaikan soal tes dengan benar. Namun pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik hal ini dibuktikan dari 33 subjek penelitian ada 31 orang (94%) yang mencapai KKTP dikarenakan peserta didikmenyimak materi pembelajaran melalui video pembelajaran yang ditayangkan oleh guru dengan baik, peserta didik memperhatikan penjelasan guru, mampu bekerja sama dalam kelompok, ikut aktif dalam berdiskusi dan melaporkan hasil diskusi, peserta didik mengajukan pertanyaan jika belum memahami materi serta mengerjakan soal evaluasi dengan sungguh-sungguh dan mengerjakan soal tes dengan benar. Sedangkan2 orang peserta didik yang belum mencapai KKTP atau sebesar (6%) dikarenakan belum memahami materi dan belum bisa mengerjakan soal evaluasi dengan benar sehingga perlu bimbingan dan diberikan materi untuk belajar dalam bentuk remidial dari guru kelas.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Model Problem Based Learning, Sistem Pernapasan manusia, Hasil
Belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2001140063
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
3. Dr. Taty R. Koroh, S.Pd,M.Pd - - Penguji 1
Netty E. A. Nawa,S.Pd, M.Pd. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Falkultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ula M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA