PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TENTANG SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DAN HEWAN RUMINANSIA DI SD INPRES NIKIS KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TENTANG SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DAN HEWAN RUMINANSIA DI SD INPRES NIKIS KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN

XML

Skripsi Oleh Yance Metta,1901140092, PGSD, 2024 dengan judul Penerapan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tentang Sistem Pencernaan Manusia dan Hewan Ruminansia di SD Inpres Nikis Kabupaten Timor Tengah Selatan. Rumusan masalah dari penelitian adalah: bagaimana penerapan model inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V tentang sistem pencernaan Manusia dan Hewan Ruminansia di SD Inpres Nikis Kabupaten Timor Tengah Selatan. pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran IPA tentang sistem pencernaan hewan ruminansia dan sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Nikis Kabupaten Timor Tengah Selatan. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V tentang sistem pencernaan Manusia dan Hewan Ruminansia di SD Inpres Nikis Kabupaten Timor Tengah Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari beberapa
tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada penelitian ini teknik analisis data yang digunakan peneliti untuk penelitian ini yakni dengan mencari rata-rata hasil belajar siswa melalui lembar observasi dan tes di kelas pada subyek penelitian yang berjumlah 28 siswa, dengan rincinan 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). penerapan model inkuiri pada pembelajaran IPA tentang sistem pencernaan Manusia dan Hewan Ruminansia di kelas V SD Inpres Nikis dapat dikatakan berhasil dengan kategori sangat baik. kategori tersebut dapat dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru yang mendapatkan nilai 78,75% pada siklus I dan meningkat menjadi 93,75% pada siklus II, Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa mendapatkan nilai 69,7% pada siklus I dan meningkat menjadi 93,5% pada siklus II. 2) Hasil belajar siswa pada penelitian ini juga mengalami peningkatan dengan kategori baik. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari presentase ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I 35,7% siswa tuntas, kemudian meningkat menjadi 85,7% pada siklus II.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, inkuiri , Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Yance Metta - Personal Name
Student ID
1901140092
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty R Koroh - - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1
Antonius Suban Hali - 197809172009121004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Met P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA