Pengukuran Prestasi Belajar Ditinjau Dari Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 8 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengukuran Prestasi Belajar Ditinjau Dari Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas XI Di SMK Negeri 8 Kupang

XML

Penelitian ini berfokus pada Kondisi lingkungan sekolah yang kurang nyaman dalam mendukung proses interaksi dan pembelajaran di sekolah, Kurangnya fasilitas belajar di sekolah, dan Prestasi hasil belajar yang masih rendah dari ketentuan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 8 Kupang. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 102 siswa. Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif, survei dan asosiatif, Teknik sampling dengan proporsional sampling, sedangkan penentuan jumlah sampel dengan formulasi Slovin, adapun jumlah sampel sebagai responden penelitian sebanyak 52 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data dengan teknik analisis deskriptif, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel lingkungan sekolah didapatkan rata-rata skor empirik sebesar 25,10 dengan skor teoretik 35 atau 67,31% yang berarti rata-rata responden berada pada kelompok dengan kategori sangat buruk atau SBR, sedangkan variabel prestasi belajar siswa didapatkan rata-rata empirik sebesar 25,92 dengan skor teoretik 26 atau 50% yang berarti bahwa rata-rata prestasi belajar siswa berada pada kelompok dengan kategori sangat rendah. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa lingkungan sekolah tidak berperngaruh terhadap prestasi belajar siswa, sebagaimana perolehan nilai sig.=0,725 >0,05 (apha), yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak, sedangkan nilai Korelasi rSperman rank= 0,050 (sangat rendah/tidak ada korelasi). Peneltian ini dapat disimpulkan bahwa kondisi lingkungan sekolah cenderung dinilai buruk oleh responden dan Lingkungan sekolah tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 8 Kupang.

Kata Kunci: Lingkungan, Sekolah, Prestasi, Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
WILLYBRODUS YUSMIN DAHAR - Personal Name
Student ID
1701110048
Dosen Pembimbing
Hikmah - 196104091988031002 - Dosen Pembimbing 1
Asrial - 196111051990031001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Roly Edyan-19611105 199003 1 001 - - Ketua Penguji
Hikmah - 196104091988031002 - Penguji 1
Asrial - 196111051990031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83205
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.05 DAH P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA