ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B2 DI TK KRISTEN GMIT EBENHAEZER OEBA.

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B2 DI TK KRISTEN GMIT EBENHAEZER OEBA.

XML

Skripsi ini disusun oleh Lidwina Onis dan dosen pembimbing I Bapak Dr. Angelikus N. Koten, M.Pd dan pembimbing II Bapak Indra Yohanes Kiling, S.Psi., M.A., Ph.D membahas tentang “ Analisis Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Kelompok B2 di TK Kristen GMIT Ebenhaezer Oeba Kupang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media gambar seri dalam meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok B2 Di TK Kristen GMIT Ebenhaezer Oeba Kupang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data penggunaan media gambar seri dapat membantu untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak kelompok B2 di TK Kristen GMIT Ebenhaezer Oeba Kupang. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media gambar seri mampu meningkatkan keterampilan berbicara pada anak kelompok B2. Adapun langkah-langkah penggunaan media gambar seri, yaitu : 1. Guru menyiapkan beberapa gambar yang saling berkaitan sesuai dengan tema pembelajaran. 2. Guru menyususn gambar berdasarkan urutan, sehingga urutan dari gambar-gambar tersebut menjadi sebuah cerita. 3. Guru memberi penjelasan kepada siswa cara penggunaan media gambar tersebut dengan cara memberi contoh cara menggunakan media. 4. Guru memberikan kesempatan pada siswa pada siswa untuk bercerita berdasarkan gambar dengan menggunakan media yang telah disediakan. Beberapa capaian tingkat perkembangan terkait dengan keterampilan berbicara anak tersebut yaitu, Anak sudah mampu berbicara dan bercerita dengan lancar dan lantang, anak mampu mengekspresikan perasaannya secara lisan, anak mampu mengucapkan kembali kata atau kalimat yang didengar, serta anak sudah mampu bercerita hanya dengan melihat atau mendeskripsikan gambar dengan menggunakan kata dan kalimatnya sendiri.
Kata Kunci: Keterampilan Berbicara; Anak Usia Dini; Media Gambar Seri


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Lidwina Onis - Personal Name
Student ID
1901180072
Dosen Pembimbing
Dr.Angelikus Nama Koten, M.Pd - 19610916198702 1 001 - Dosen Pembimbing 1
INDRA YOHANES KILING - 198706192018031001 - Dosen Pembimbing 2
Credo G, Bety, M.Pd - 19901215 201803 2 001 - Dosen Pembimbing 3
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86207
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
86207 Nis A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA