PENGARUH FATHERLESS TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA SMA NEGERI WOLWAL ALOR BARAT DAYA

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH FATHERLESS TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA SMA NEGERI WOLWAL ALOR BARAT DAYA

XML

Fatherless merupakan ketiadaan peran dan figur ayah dalam kehidupan seorang anak. Fatherless juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan pesreta didik seperti pembentukan kepercayaan diri dilingkungan tempat tinggalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran Fatherless terhadap kepercayaan diri remaja SMAN Wolwal Alor Barat Daya, (2) Gambaran kepercayaan diri remaja SMAN Wolwal Alor Barat Daya, (3) Pengaruh Fatherless terhadap kepercayaan diri remaja SMAN Wolwal Alor Barat Daya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian regresi linear sederhana. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik SMAN Wolwal Alor Barat Daya dengan jumlah populasi 187 peserta didik dan sampel 125 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling dengan metode disproportionate stratified random sampling, untuk menentukan ukuran sampel digunakan teknik Slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket, yakni angket fatherless (23) dan angket kepercayaan diri (33), dengan skala yang digunakan adalah skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan teknik analisis regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS versi 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum peserta didik fatherless berada pada kategori menengah yaitu 87 peserta didik (70%), dan kepercayaan Diri Remaja SMA Negeri Wolwa Kabupaten Alor Barat Daya juga berada pada kategori menengah yaitu 102 peserta didk (82%). Hasil analisis menunjukkan Fhitung sebesar 20,590 > Fubel 3,92 (N=125) dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 <0,05, dengan koefisien diterminasi (R Square) sebesar 0,143, yang mengandung pengertian bahwa fatherless berpengaruh terhadap kepercayaan diri remaja SMA Negeri Wolwal Alor Barat Daya yaitu sebesar 14, 3%, dan sisanya 85,7% dipengaruhi oleh faktor lain seperti kontrol diri, self esteem, psychological well being, prestasi belajar dan penyesuaian sosial.


Kata Kunci: Fatherless, Kepercayaan Diri, Peserta didik


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Samrin Hasan Mali - Personal Name
Student ID
2001160006
Dosen Pembimbing
Andriani P. Nalle, S.Psi, M.Ed (CPEP) - - Dosen Pembimbing 1
Rizky M. Aryance Abel - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
IMMANUEL Y. P. BILI BORA, S.Psi, M.Pd - - Ketua Penguji
Andriani P. Nalle, S.Psi, M.Ed (CPEP) - - Penguji 1
Rizky M. Aryance Abel, M.Pd - 19940516 202203 2 016 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86201
Edisi
Published
Departement
Bimbingan Konseling
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.01 Mal S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA