PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR SISWA DAN PEMBELAJARAN PRAKTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI LISTRIK KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 2 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR SISWA DAN PEMBELAJARAN PRAKTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI LISTRIK KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 2 KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Adanya pengaruh antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi listrik kelas XII program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Kupang. (2) Adanya pengaruh antara pembelajaran praktik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi listrik kelas XII program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Kupang. (3) Adanya pengaruh antara lingkungan belajar dan pembelajaran praktik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi listrik kelas XII program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Kupang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex-post facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5% yaitu dengan jumlah sampel sebanyak 81 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi listrik kelas XII program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Kupang dengan pengaruh sebesar 20,5 %. (2) Terdapat pengaruh antara pembelajaran praktik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi listrik kelas XII program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Kupang dengan pengaruh sebesar 29,4 %. (3) Terdapat pengaruh antara lingkungan belajar dan pembelajaran praktik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi listrik kelas XII program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Kupang dengan pengaruh sebesar 64,7%.

Kata kunci : Lingkungan Belajar, Pembelajaran Praktik, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Jimmy Boky - Personal Name
Student ID
1701130003
Dosen Pembimbing
I MADE PARSA - 196106181988031003 - Dosen Pembimbing 1
Renold - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
I Made Parsa - 196106181988031003 - Ketua Penguji
RENOLD H. MODOK - 9908419491 - Penguji 1
FRANS F. G. RAY - 197406052006041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Elektro
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 Bok P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA