PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPAS MATERI TENTANG BAGIAN TUBUH TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEFOSAKA KOTA KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPAS MATERI TENTANG BAGIAN TUBUH TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEFOSAKA KOTA KUPANG

XML

Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran IPAS. Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Pembelajaran IPAS Di UPTD SD Nefosaka, Penelitian Ini Adalah Tindakan Kelas. Data Dikumpulkan Melalui Observasi, Tes Dan Dokumentasi. Pada Hasil Penelitian Ini Siklus I Hasil Observasi Guru Meunjukkan Bahwa Guru Belum Mampu Menentukan Kelompok Dengan Baik, Guru Belum Mampu Membimbing Peserta Didik Dalam Berdiskusi Dan Guru Belum Menguasai Kelas Sehingga Prosedur Pembelajaran Tidak Optimal Dan Telah Berjalan Secara Baik Pada Siklus II. Kemudian Pada Hasil Observasi Aktivitas Siswa Pada Siklus I Yakni Peserta Didik Belum Aktif Untuk Diskusi, Siswa Terlihat Bermain Dan Ada Siswa Yang Mengganggu Siswa Lain Dan Siklus II Sudah Terlihat Siswa Mulai Aktif Untuk Berdiskusi. Sedangkan Untuk Hasil Belajar Siswa Pada Siklus I Memperoleh Nilai Rata-Rata Kelas Sebesar 65,65 Dengan Persentase Ketuntasan Sebesar 40% Dan Pada Siklus II Sebesar 89,1 Dengan Persentase Ketuntasan Sebesar 85%. Berdasarkan Data Di Atas, Maka Bisa Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Pembelajaran IPAS Mampu Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik.

Kata Kunci: Model Make A Match, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
SKRIPSI
Penulis
Ervista Tenda - Personal Name
Student ID
1901140072
Dosen Pembimbing
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ten P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA