Skripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN IPAS MATERI TENTANG BAGIAN TUBUH TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEFOSAKA KOTA KUPANG
XMLTujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran IPAS. Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Pembelajaran IPAS Di UPTD SD Nefosaka, Penelitian Ini Adalah Tindakan Kelas. Data Dikumpulkan Melalui Observasi, Tes Dan Dokumentasi. Pada Hasil Penelitian Ini Siklus I Hasil Observasi Guru Meunjukkan Bahwa Guru Belum Mampu Menentukan Kelompok Dengan Baik, Guru Belum Mampu Membimbing Peserta Didik Dalam Berdiskusi Dan Guru Belum Menguasai Kelas Sehingga Prosedur Pembelajaran Tidak Optimal Dan Telah Berjalan Secara Baik Pada Siklus II. Kemudian Pada Hasil Observasi Aktivitas Siswa Pada Siklus I Yakni Peserta Didik Belum Aktif Untuk Diskusi, Siswa Terlihat Bermain Dan Ada Siswa Yang Mengganggu Siswa Lain Dan Siklus II Sudah Terlihat Siswa Mulai Aktif Untuk Berdiskusi. Sedangkan Untuk Hasil Belajar Siswa Pada Siklus I Memperoleh Nilai Rata-Rata Kelas Sebesar 65,65 Dengan Persentase Ketuntasan Sebesar 40% Dan Pada Siklus II Sebesar 89,1 Dengan Persentase Ketuntasan Sebesar 85%. Berdasarkan Data Di Atas, Maka Bisa Disimpulkan Bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Pembelajaran IPAS Mampu Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik.
Kata Kunci: Model Make A Match, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
SKRIPSI
|
---|---|
Penulis |
Ervista Tenda - Personal Name
|
Student ID |
1901140072
|
Dosen Pembimbing |
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1 Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Ten P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |