STRATEGI PEMASARAN BENIH PADI UD SRIWIJAYA DI DESA NOELBAKI KECAMATAN KUPANG TENGAH KABUPATEN KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

STRATEGI PEMASARAN BENIH PADI UD SRIWIJAYA DI DESA NOELBAKI KECAMATAN KUPANG TENGAH KABUPATEN KUPANG

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspek-aspek dari faktorinternal dan faktor eksternal pada UD.Sriwijaya dalam menentukan strategipemasaran benih padi dan strategi pemasaran benih padi UD. Sriwijaya. UD.Sriwijaya dipilih secara sengajah sebagai lokasih penelitian dengan pertimbanganbahwa tempat ini adalah tempat penangkaran benih padi di Desa Noelbaki. Teknikpengambilan sampel menggunakan teknik purposive. Responden yang dipilihyaitu pemilik UD. Sriwijaya serta para kariawan pekerja. Analisis data yangdigunakan yaitu analisis SWOT.Hasil penelitian menunjukan bahwa;1) Faktor internal penangkaran benihpadi UD.Sriwijaya terdiri dari kekuatan yaitu harga yang dapat dijangkau olehkonsumen, ketersediaan benih padi, memiliki lebih dari 1 jenis benih padi, lokasihyang strategis, Pengemasan Produk benih padi bersertifikat dan berkualitas, dankelemahan yaitu produk benih yang bersifat tidak tahan lama dengan masa kadarluarsa 6 bulan,harus diuji kembali, Peroses produksi benih padi yang relatif lama,Penetapan jumlah produksi untuk benih padi belom menentu, kurangnya promosi.Faktor ekternal penangkaran benih padi UD. Sriwijaya yang terdiri dari peluangyaitu Jumlah permintaan konsumen, Memiliki pelanggan tetap, Tidak memilikipesaing, dan anacaman yaitu kefanatikan petani terhadap satu jenis benih yangsudah mereka kenal, Belom ada produk penganti dari penangkaran benih,Penetapan riset dan pengembangan yang memerlukan waktu dan relatif mahal; (2)Strategi penangkaran benih padi UD. Sriwijaya didapatkan terletak pada posisikuadran I (agresif) sehingga strategi pemasaran yang dapat diterapakan adalahstrategi S-O ( strengths – Opportunities) yaitu memperluas lagi jaringanpemasaran dilakukan dengan melakukan promosi produk di media social danmeminta review dari konsumen dan kerja sama yang baik dengan pihakpelanggan tetap untuk mendapatkan keuntunggan, dan mempertahankan kualitasproduk benih padi dengan adanya SOP atau rancangan standar operasional danmenggunakan bahan bermutu.
Kata kunci : Benih Padi, Faktor internal dan faktor eksternal, Strategi pemasaran


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Indra Kyrieeleison Nope - Personal Name
Student ID
1904020209
Dosen Pembimbing
Alfetri N. P. Lango - 19590717 198603 1 003 - Dosen Pembimbing 1
LIKA BERNADINA - 19620223198601200 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Alfetri N P Lango - 195907171986031003 - Ketua Penguji
Lika Bernadina - 19620223198601200 - Penguji 1
Paulus Un - 19621231198803101 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54201
Edisi
Published
Departement
Agribisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
54201 Nop L
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA