Makna Dan Nilai Tradisi Kari Aifunan (Studi Sosiologis Pada Masyarakat Desa Mandeu Raimanus Kecamatan Raimanuk Kabupaten Belu)

Detail Cantuman

Skripsi

Makna Dan Nilai Tradisi Kari Aifunan (Studi Sosiologis Pada Masyarakat Desa Mandeu Raimanus Kecamatan Raimanuk Kabupaten Belu)

XML

Judul penelitian ini adalah Makna dan Nilai Tradisi Kari Aifunan di Gunung Mandeu (Studi Sosiologis Pada Masyarakat Desa Mandeu Raimanus Kecamatan Raimanuk Kabupaten Belu). Dalam kesibukkan tugas dan tanggungjawabnya, masyarakat Desa Mandeu Raimanus masih menyempatkan waktu dan kesempatan untuk melakukan tradisi Kari Aifunan di atas gunung. Nampaknya ada sesuatu yang sangat berarti dan berharga bagi msyarakat sehingga tradisi ini terus dilakukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini apa makna dan nilai yang terdapat dalam tradisi Kari Aifunan di Gunung Mandeu. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan proses upacara Kari Aifunan di gunung Mandeu serta menjelaskan makna dan nilai yang terdapat dalam tradisi Kari Aifunan di gunung Mandeu, Desa Mandeu Raimanus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dalam menganalisis data yang diperoleh di lapangan. Teori yang digunakan dalam penelitin ini adalah interaksionisme simbolik. Dalam menentukan informan, peneliti menggunakan teknik purposive sampling dan informan yang diwawancarai sebanyak 7 orang yang memahami dan mengerti tentang tradisi Kari Aifunan yaitu terdiri dari Kepala Suku, Pengawas Agama Katholik, Tokoh adat, Guru dan Masyarakat. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literature. Adapun sumber data dalam penelitian ini ialah sumber data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifiksi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ditemukan makna dan Nilai Tradsi Kari Aifunan di Gunung Mandeu. Masyarakat melakukan Kari Aifunana bedasarkan makna-makna yang mereka ketahui. Kari Aifunan dianggap mempunyai simbol-simbol keagamaan serta makna penting bagi masyarakat. Makna Tradisi Kari Aifunan Di Gunung Mandeu yaitu makna penghargaan terhadap leluhur, makna kebersamaan dan makna keindahan. Nilai tradisi Kari Aifunan di Gunung Mandeu yaitu nilai sosial, nilai spiritual dan nilai pelestarian budaya.

Kata Kunci: Makna, Nilai, Kari Aifunan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yalla Neransa Nenobais - Personal Name
Student ID
1903030061
Dosen Pembimbing
Blajan Konradus - 196102191988031001 - Dosen Pembimbing 1
Hildigardis M. I. Nahak - 197905012006042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Blajan Konradus - 196102191988031001 - Ketua Penguji
Hildigardis M I Nahak - 197905012006042001 - Penguji 1
Hotlif Arkilaus Nope - 197711242005011002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang, Nusa Tenggara Timur.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Nen M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA