Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE CRITICAL THINKING PADA MATERI SISTEM KOLOID TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 1 RINDI UMALULU
XMLTelah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran deep dialogue critical thinking pada materi sistem koloid terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Rindi Umalulu. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Rindi Umalulu pada bulan Maret 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan MIPA 2. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakukan dengan menggunakan model pembelajaran deep dialogue critical thinking dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik berupa tes essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran deep dialogue critical thinking pada materi sistem koloid terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Rindi Umalulu.
Kata kunci: Model Pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking, Sistem Koloid, Kemampuan Berpikir Kritis
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
NUNUNG IRNAWATI NOVITA LAY - Personal Name
|
Student ID |
1901060030
|
Dosen Pembimbing |
Sudirman, S.Pd., M.Pd - 19700817 200604 1 022 - Dosen Pembimbing 1
Heru Christianto, S.Pd., M.Pd - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Lolita A. M. Parera, S.Si., M.PKim - - Ketua Penguji
Heru Christianto, S.Pd., M.Pd. - 19921213 201903 1 011 - Penguji 1 Sudirman, S.Pd., M.Pd - 19700817 200604 1 022 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.04 Lay. P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |