Pengaruh Penambahan Ubi Jalar (Ipomoea batatas) Dan Ulva lactuca Dalam Pakan Terhadap Pertumbuhan Ikan Badut (Amphiprion percula)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penambahan Ubi Jalar (Ipomoea batatas) Dan Ulva lactuca Dalam Pakan Terhadap Pertumbuhan Ikan Badut (Amphiprion percula)

XML

Ikan hias air laut memiliki beragam spesies, banyak diantaranya telah diekspor ke berbagai negara. Salah satu jenis ikan hias yang dapat dipelihara dalam akuarium adalah ikan badut (Amphiprion percula). Namun, ikan badut cenderung mengalami pemudaran warna saat dibudidayakan. Hal ini disebabkan oleh faktor makanan dan pencahayaan yang kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran penambahan tepung ubi jalar (Ipomoea batatas) dan tepung ulva lactuca dalam pakan guna mempertahankan warna ikan badut agar tetap seperti di alam serta untuk mendukung pertumbuhan ikan badut (Amphiprion percula). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan empat perlakuan dan diulang sebanyak tiga kali yaitu (1) pakan komersil merk F999, (2) tepung Ulva lactuca 25% + pakan komersil 75%, (3) tepung Ulva lactuca 12,5% + tepung ubi jalar 12,5% + pakan komersil 75%, (4) tepung ubi jalar 25% + pakan komersil 75%. Parameter yang diamati mencakup pengukuran warna Red Green Blue (RGB) yang kemudian diubah ke model warna Hue Saturation Brightness (HSB) dan juga pertumbuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis warna ikan menggunakan Hue Saturation Brightness (HSB), perubahan pada nilai hue cenderung ke arah warna kuning-orange. Hal ini menunjukkan kesamaan dalam mempertahankan kualitas warna yang ditemukan pada ikan badut di alam. Namun, tidak ada pengaruh antara perlakuan yang berbeda terhadap pertumbuhan ikan badut. Pemberian dosis yang optimal untuk mencapai warna ikan yang diinginkan adalah menggunakan tepung Ulva lactuca sebanyak 25%.

Kata Kunci : Amphiprion percula, ubi jalar, Ulva lactuca, warna.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
1713010078
Dosen Pembimbing
ADE Y.H.LUKAS - 197907102006042002 - Dosen Pembimbing 1
Wesly Pasaribu - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
ADE Y.H. LUKAS - 197907102006042002 - Ketua Penguji
WESLY PASARIBU - - Penguji 1
Yuliana Salosso - 197507011999032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54243
Edisi
Published
Departement
Fakultas Peternakan Kelautan Dan Perikanan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.43 KIN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA