Pemanfaatan Laboratorium Fisika Dalam Mendukung Peningkatan Keterampilan 4C Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran Fisika Di SMA Negeri 4 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pemanfaatan Laboratorium Fisika Dalam Mendukung Peningkatan Keterampilan 4C Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran Fisika Di SMA Negeri 4 Kota Kupang

XML

Tujuan pendidikan di Indonesia seperti yang tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyatakan bahwa “Pendidikan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman kepadaTuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Pemanfaatan sarana seperti laboratorium merupakan salah satu cara untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan kurang maksimalnya pemanfaatan laboratorium tentu saja berpengaruh terhadap keterampilan peserta didik, terutama keterampilan 4C peserta didik yang sangat diutuhkan di era sekarang ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemanfaatan, peningkatan keterampilan 4C peserta didik, permasalahan dan upaya dalam mengatasi permasalahan dalam pemanfaatan laboratoriu pada proses pembelajaran fisika dalam meningkatkan keterampilan 4C peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode gabungan kualitatif-kuatitatif (mixed method). Subjek penelitian ini adalah guru fisika kelas XII, laboran dan peserta didik kelas XII IPA di SMA Negeri 4 Kota Kupang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persentase pemanfaatan laboratorium fisika di SMA Negeri 4 Kota Kupang (persiapan, pelaksanaan dan evaluasi) sudah sangat baik dengan persentase 83,33%. Pemanfaatan laboratorium yang sangat baik ini tentunya berdampak positif terhadap peningkatan keteramplan 4C (chritical thingking, collaboration, communication & creativity) peserta didik yang sangat baik pula, dengan persentase 83,63%. Dalam proses pemanfaatan laboratorium fisika, masih ditemukan beberapa kendala yang membutuhkan penanganan tindak lanjut.
Kata Kunci: Laboratorium, keterampilan 4C, pembelajaran fisika, SMA


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yohanes Jefrianus Riki - Personal Name
Student ID
2001050062
Dosen Pembimbing
Yusniati H. Muh. Yusuf, S.Si., M.Pd - 198301072008122003 - Dosen Pembimbing 1
Vinsensius Lantik , S.Pd., M.Pd - 19790129 200812 1 001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. I Wayan Sukarjita - 196807151994031002 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Rik P
Copyright
Individu Penulis
Doi
0

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA